Taman Sari Yogyakarta, Spot Foto Menarik Berlatar Bangunan Sejarah

Taman Sari Yogyakarta, Spot Foto Menarik Berlatar Bangunan Sejarah

Taman Sari Yogyakarta merupakan tempat wisata yang memiliki Spot Foto Menarik. Hal ini karena taman sar memiliki latar bangunan sejarah. Taman Sari Jogja merupakan salah satu tempat destinasi paling di cari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jogja memiliki banyak peninggalan bangunan-bangunan bersejarah yang instagramable banget. Maka tak heran banyak wisatawan rela jauh-jauh berkunjung ke Jogja demi mengejar spot-spot foto yang keren-keren. Dan hal itu tidak pernah rugi dan sia-sia. Penasaran dimana saja lokasi spot yang menarik di Jogja?

Salah satu lokasi wisata yang wajib dikunjungi wisatawan baik manca maupun domestik selama berada di Jogja adalah Taman Sari Yogyakarta.

Wisata Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta merupakan salah satu situs bersejarah peninggalan Kraton Yogyakarta. Saat ini Taman Sari menjadi salah satu objek destinasi wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan dari manapun berada.


Sejarah Singkat Berdirinya Taman Sari

Taman Sari Jogja mulai dibagun sekitar tahun 1758-1765 oleh Sultan Hamengku Buwono I. Pemimpin proyek pembangunan adalah Tumenggung Mangundipuro dan kemudian dilanjutkan Demang Tegis dari Portugis. Tujuan awal pembangunan sebagai kebun istana. Namun seiring berjalannya waktu Taman Sari memiliki fungsi lain yang tidak kalah penting, yakni untuk melakukan berbagai aktifitas, seperti tidur, makan, dan beribahan serta sebagai bangunan benten pertahanan.

Pembangunan Taman Sari berada di atas luas lahan sekitar 10 hektar dan terdapat sekitar 57 bangunan yang terdiri dari kolam pemandian, gedung, jembatan gantung, kanal air, danau buatan, bahkan pulau buatan. Nama lain Taman Sari sering disebut sebagai Water Castle (Istana Air).

Misteri Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari sebagai bangunan klasik memiliki banyak beragam misteri yang menarik untuk diketahui. Mitos yang beredar dikalangan masyarakat adalah bila sultan melempar bunga ke kolam tepat di depan seorang putri maka ini menandakan bahwa sultan ingin memadu asmara dengannya.

Di Taman Sari juga terdapat terowongan yang diyakini sebagai jalan bertemunya Sultan dengan Nyi Roro Kidul.

Hal menarik lagi bagi kalian yang ingin langgeng dengan pasangan anda. Taman Sari adalah tempatnya. Konon cerita bila anda berkunjung dengan pasangan ke Taman Sari maka hubungan kalian akan awet hingga usia senja.

Lokasi Taman Sari Yogyakarta

Lokasi Taman Sari Yogyakarta secara administratif berada di Kota Yogyakarta, yakni di Jalan Kompleks Wisata Taman Sari Pathe, Kraton Yogyakarta. Kode pos Taman Sari adalah 55133.

Jam Buka Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta membuka jam kunjungan wisatawan setiap hari mulai pukul 08.00 wib sampai dengan 15.00 wib.  Untuk menikmati suasana malam hari, Anda bisa berkunjung di Pasar Ngasem Yogyakarta yang lokasinya berbatasan langsung dengan Taman Sari. 

Harga Tiket Taman Sari Yogyakarta

Harga tiket masuk di lokasi wisata Taman Sari Yogyakarta sangat terjangkau. Para wisatawan yang berkunjung di Taman Sari Jogja hanya dikenakan tarif sebesar Rp. 5000 saja. Khusus untuk wisatawan asing alias mancanegara, Harga Tiket Masuk Taman Sari dikenakan sebesar Rp. 15.000. 

Selain itu, ada biaya tambahan lain untuk mendapat fasilitas lainnya ya. Berikut ini rincian yang dapat dilihat untuk tarif masuk Taman Sari Yogyakarta.

Taman Sari Yogyakarta, Spot Foto Menarik Berlatar Bangunan Sejarah

Fasilitas di Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta memiliki beberapa fasilitas umum.

Lokasi Spot Di Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta merupakan sebuah lokasi yang dijadikan destinasi wisata sejarah yang instagramable. Di tempat wisata ini, kita bisa menyusuri rekam jejak sejarah tempo dulu yang pernah dijadikan sebagai tempat pemandian. 

Luas Taman sari sekitar 10 hektar yang di dalamnya terdapat sebanyak 57 bangunan, diantaranya berupa gedung dan kolam pemandian yang masih dapat dijumpai hingga saat ini. 

Dahulu, kolam pemandian terdiri atas 4 bagian dan saat ini tersisa hanya 1 pamandian saja yakni pemandian umbul binangun. Seiring berjalannya waktu, bagian dari wilayah taman sari ini sebagiannya telah berubah menjadi permukiman warga. 

Berikut ini lokasi spot foto di Taman Sari yang keren

Gapura Agung Taman Sari

Di lokasi ini merupakan pintu masuk yang memiliki ciri khas berupa bangunan ornamen dengan bentuk bunga serta sayap burung. Dahulu, kereta kencana sultan beserta keluarga yang berkunjung selalu berhenti di lokasi ini. 

Pesanggarahan

Lokasi ini dahulu merupakan tempat khusus Sultan, yakni untuk bersemedi maupun menyusun strategi. Di dalam pesanggrahan pula terdapat tempat khusus yang berfungsi untuk menyimpan baju perang, persenjatan hingga pembersihan pusaka keris. Halaman depan pesanggrahan terdapat lapangan yang dijadikan sebagai lokasi berlatih pedang.

Umbul Binangun

Setelah masuk pintu gerbang yang kedua, Kita akan melihat keindahan kolam berwana biru yang segar. Kolam yang berada di sini merupakan bagian dari 3 kolam umbul binangun, yakni disebut dengan umbul kawitan sebagai tempat pemandian putri raja, umbul pamuncar yakni untuk pemandian selir raja, dan umbul lain yang terpisah adalah Umbul panguras.

Sumur Gumuling

Di tempat ini sangat unik berupa bangunan bawah tanah yang berfungsi sebagai masjid. Bangunan ini terdiri atas dua tingkat yang mekingkar 360 derajat yang ditengah bangunannya berlubang. 
Spot foto yang menarik di sumur gumuling adalah jalannya yang berbentuk lorong panjang. Di lokasi ini sering banget dijadikan area foto prewedding. Apakah anda tertarik juga?

Gedung Kenongo

Bangunan gedung tertinggi di Taman Sari bernama Gedung Kenongo. Secara khusus, bangunan ini memiliki ruang dengan fungsi sebagai tempat ruang makan keluarga raja. Namun, saat ini Gedung Kenongo difungsikan sebagai tempat wisata untuk menikmati Golden Sunset dan melihat keseluruhan area taman sari dari ketinggian.

Gedhong Gapura Panggung

Gapura yang ada di sini cukup unik karena memiliki relief ular. Gapura ini sangat menarik untuk dijadikan sebagai spot berfoto. Fungsi dari bangunan gapura ini sebagai pintu masuk dan bagian lantai dua dijadikan sebagai tempat sultan menyaksikan pertunjukan seni tari dan musik gamelan. 

Google Map Taman Sari Yogyakarta

 

Video Taman Sari Yogyakarta

Galeri Foto Taman Sari Yogyakarta

Demikianlah ulasan Taman Sari Yogyakarta, Spot Foto Menarik Berlatar Bangunan Sejarah. Semoga bermanfaat.