Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Tempat Makrab Mahasiswa di Jogja

Jogjalagi.com - Malam keakraban atau yang sering disebut dengan Makrab merupakan sebuah acara yang diselenggarakan dengan tujuan untuk mengakrabkan satu sama lain antar anggota. Kegiatan ini biasa dilakukan oleh mahasiswa atau suatu anggota komunitas dan biasanya dilakukan dengan menginap dan menghabiskan waktu bersama-sama di tempat yang jauh dari tempat tinggal. Mahasiswa Yogyakarta juga pastinya tak lepas dari kegiatan ini, dan di Yogyakarta pun juga banyak tempat-tempat nyaman dan menyenangkan untuk dijadikan lokasi makrab. Nah berikut ini adalah tempat makrab favorit mahasiswa Yogyakarta yang pastinya membuat makrab menjadi makin asyik dan akrab.

1. Villa Kaliurang

Daerah Kaliurang memang sudah didaulat menjadi tempat penginapan favorit di Yogyakarta, lokasinya yang terletak di dataran tinggi membuat suasana daerah ini sejuk dan sangat nyaman. Di daerah Kaliurang banyak pilihan villa yang bisa disewa oleh mahasiswa untuk makrab dengan harga yang bervariasi. Ada juga villa milik universitas yang bisa disewa oleh mahasiswa universitas tersebut dengan harga diskon. Selain sensasi dingin, mahasiswa yang makrab di villa Kaliurang juga bisa mampir berwisata ke puncak Kaliurang atau mampir membeli sate kelinci.


2. Deretan Pantai di Wonosari, Gunung Kidul

Makrab sambil berkemah atau menginap di penginapan di sekitar pantai juga menjadi favorit mahasiswa Yogyakarta. Makrab di pantai bisa menghabiskan waktu berlama-lama bermain di pantai, bakar-bakar ikan dan bermain game di pinggir laut. Suasana asyik ini pastinya bisa semakin mengakrabkan antar anggota sehingga lokasi ini dipilih. Bermalam di tenda, membuat api unggun dan bernyanyi bersama juga menjadi aktivitas wajib ketika melaksanakan makrab di pantai.

3. Bumi Perkemahan di lereng Gunung Merapi

Di sekitar lereng Gunung Merapi ada beberapa bumi perkemahan yang populer dipakai untuk makrab dan berkemah antara lain bumi perkemahan Wonogondang dan Sinolewah. Suasana bumi perkemahan yang masih alami menjadi daya tarik utama untuk makrab di tempat ini. Di pagi hari kita juga bisa mendapat bonus pemandangan Gunung Merapi nan gagah. Di sekitar bumi perkemahan juga bisa dijadikan tempat tracking yang menantang, misalnya di bantaran sungai. Makrab di tempat ini pun pastinya akan banyak memberikan pengalaman sekaligus kenangan menarik.

4. Desa Wisata Kecamatan Turi

Kecamatan Turi merupakan wilayah kecamatan paling utara di Kabupaten Sleman, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Di wilayah ini dikembangkan beberapa objek wisata untuk mengembangkan potensi masyarakat setempat. Potensi wisata di sana diantaranya agrowisata salak pondoh yang terletak di Dusun Gadung, Desa Bangunkerto, desa wisata di Dusun Kembangarum, Desa Donokerto, dan potensi wisata edukasi pembiakan kambing PE (Peranakan Etawa) di Dusun Nganggring, Desa Girikerto. Tempat ini kini juga menjadi salah satu destinasi tempat makrab favorit karena fasilitas yang ada di desa wisata sangat lengkap, mulai dari pengalaman outbond, membantu masyarakat desa dan menginap di joglo atau rumah penduduk. Selain makrab, kita bisa mendapat tambahan pengalaman live in seperti di acara Jika Aku Menjadi.

5. Dusun Ngelosari

Tempat makrab di Jogja sudah banyak bahkan tak terhitung jumlahnya, disini saya akan memberi informasi buat teman-teman yang ingin mengadakan acara makrab dengan fasilitas lengkap dan harga terjangkau, dan lokasi tidak terlalu jauh dengan kota Yogyakarta. 

Puncak Bucu adalah sebuah destinasi wisata yang baru yang terletak di Dusun Ngelosari Desa Srimulyo Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul Yogyakarta. Kondisi alam disini merupakan sebuah perbukitan dan banyak persawahan dan pepohonan yang rindang yang masih asri dan memiliki potensi panorama alam yang luar biasa, sangat cocok untuk kegiatan kemahasiswaan seperti malam keakraban.

Ketika sudah sampai dipuncak bucu anda akan dimanjakan dengan keindahan kota Jogja yang dapat dilihat dari atas puncak. Apabila cuaca sedang cerah dari arah selatan bisa terlihat pantai selatan pegununggan di kulon progo dan kota jogja hingga menjulang kearah paling timur yaitu hingga sbagian perkotaan di Kabupaten Klaten. Gunung Merapi dan gunung Sumbing juga bisa dilihat dengan jelas ditempat ini. Saat musim hujan, kabut yang menyelimuti kota Jogja seperti di ayas awan.

Mengadakan acara makrab akan sangat membantu mempererat tali persaudaraan dan membuat harmonisnya sebuah organisai dalam  kampus, apalagi diadakan di alam yang terbuka dan menantang. ini tentu akan melatih skill dan cara mereka berinteraksi  sesama mahasiswa.

6. Dusun gunung Api Purba

Buat kalian yang merasa mungkin sudah jenuh dengan tempat-tempat yang sudah biasa digunakan untuk makrab diatas.  Wah pokoknya tempatnya asyik, menarik, kondusif, harga miring, banyak kegiatan Outbond, lokasi dekat dari Jogja. Lokasinya bernama “Gunung Api Purba” atau sering disebut Juga Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba, ada juga yang menyebutnya “Gunung Nglanggeran” karena Lokasinya di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul.
Gunung Api Purba merupakan Wisata barunya Jogja, terletak disebelah Timur kota Yogyakarta berjarak hanya 25 KM saja dan jika ditempuh dengan kendaraan bermotor hanya 35-40 menit sudah sampai bagi yang sudah terbiasa. Namun kalo lagi pertama kali waktu 50-60 menit maksimal untuk sampai di kawasan ini. Banyak keistemewaan-keistemewaan yang ditawarkan sebagai lokasi makrab di Gunung Api Purba, diantaranya: Jarak yang relatif dekat dengan kota Yogyakarta sehingga miminimalkan waktu dan biaya transport. Berada disebuah desa yang asri dan kondusif untuk melakukan berbagai kegiatan makrab yang tidak terganggu oleh kegaduhan jalan raya.

7. Nglangeran

Sebagai Desa Wisata Yang semakin berkembang Gunung Api Purba, Nglangeran. Semakin memberikan wadah untuk para lembaga, organisasi, universitas dan Sekolah yang ada di Jogjakarta Di lokasi ini biasa diselenggarakan kegiatan makrab bersama oleh para mahasiswa dari kampus-kampus.

Bukan hanya destinasi utama yaitu Gunung Api Purba,  Embung dan Tujuh Kandang dan lainnya,  yang disediakan di desa wisata ini namun berbagai atraksi lain yang dapat dinikmati dan dirasakan disini

Di Nglanggeran sudah tersedia perlengkapan kegiatan makrab yang tersedia lengkap. Sehingga para mahasiswa atau yang ingin makrab di sini tidak perlu pusing dan bingung. Semua sudah tersedia dan peserta tinggal menikmatinya saja. Bahkan, para wisatawan yang hendak bermalam, di Desa Nglanggeran juga tersedia tempat penginapan atau homestay yang terjangkau. Dan tidak perlu cemas untuk penyedian makanan karena kami juga memiliki team kuliner dari kelompok Kuliner Purba Rasa yang khusus menyediakan makanan bagi yang melakukan kegiatan di kawasan kami.

Untuk makanan, di Desa Nglanggeran juga tersedia paket menu komplit yang dapat menyesuaikan permintaan pengunjung yang akan mengadakan kegiatan makrab. Semua bisa dikordinasikan dengan pihak panita dan pengelola Desa Wisata Nglanggeran.

Banyaknya lokasi-lokasi yang menarik di Jogjalagi.com menjadi referensi untuk tempat makrab, sehingga untuk mahasiswa Yogyakarta tidak perlu kesulitan sampai harus pergi terlalu jauh untuk mengakrabkan diri satu sama lain. Selamat ber akrab-akrab!

ipung.net
ipung.net Paktisi Media Pembelajaran - Digital Marketer

8 comments for "7 Tempat Makrab Mahasiswa di Jogja"

  1. Lokasi yang rekomended banget untuk makrab

    ReplyDelete
  2. teringat kenangan lama, yaahutt

    ReplyDelete
  3. untuk mahasiswa Yogyakarta tidak perlu kesulitan sampai harus pergi terlalu jauh untuk mengakrabkan diri satu sama lain

    ReplyDelete
  4. Wah pokoknya tempatnya asyik

    ReplyDelete
  5. Daerah Kaliurang memang sudah didaulat menjadi tempat penginapan favorit

    ReplyDelete