Desa wisata Nglinggo Kulonprogo, Serunya Berpetualang di Kebun Teh Nglinggo - Jogjalagi.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Desa wisata Nglinggo Kulonprogo, Serunya Berpetualang di Kebun Teh Nglinggo

Desa wisata Nglinggo Kulonprogo

Jogjalagi.com - Desa Wisata Nglinggo Kulonprogo. Suasana pedesaan di dataran tinggi dengan suasana asri menjadikan desa wisata ini diminati banyak pengunjung setiap harinya, terutama di kawasan kebun teh yang hijau asri. Tertarik mau ke sana? 

Desa Wisata Nglinggo Kulonprogo

Desa Wisata Nglinggo merupakan salah satu desa di Kulonprogo yang menjadi destinasi andalan kategori wisata alam. Desa Wisata Nglinggo terletak berada di ketinggian sekitar 900-1000 meter diatas permukaan air laut. Lokasinya yang berada di ketinggian ini membuat Desa Wisata Nglinggo memiliki suhu yang sejuk. Panorama yang indah dapat dengan mudah dijumpai di kawasan perbukitan menoreh Kabupaten Kulonprogo, tidak terkecuali di Desa Wisata Nglinggo ini.

Potensi Wisata Desa Nglinggo

Potensi wisata yang ditawarkan di Desa Nglinggo adalah suasana khas perkebunan teh dengan beragam sajian atraksi wisata yang menarik, seperti kuliner teh sengit, makanan geplek, dan tawonan, dan tentunya masih banyak yang lainnya loh. Selain itu, beragam paket wisata pun juga telah disediakan untuk kalian yang ingin menikmati suasana wisata di desa Nglinggo, seperti jelajah desa atau jelajah perkebunan kopi, teh, pinus hingga menikmati belajar tari tradisional tari lengger tapeng, belajar membuat aren, belajar memetik teh, kopi, dan masih banyak lainnya. 

Sensasi Potensi Desa Wisata Nglinggo

Wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Nglinggo bisa merasakan sensasi menginap bersama di rumah warga setempat. Segala aktifitas rutinitas harian bisa diikuti dalam program paket wisata, seperti turut serta dalam menderas gula aren, membuat gula aren, memetik daun teh, belajar ternak serta memerah susu kambing etawa. Adanya paket wisata yang potensial ini jauh lebih menyenangkan untuk para wisatawan dalam menggali pengalaman seru selama berada di Desa Wisata Nglinggo. Selain itu, pertunjukkan kesenian seperti Jathilan dan lengger Tapeng yang merupakan kesenian khas tradisional ala Desa Nglinggo juga turut menjadi daya tarik wisatawan. Bagi yang ingin menambah keseruan lagi, Anda bisa menyewa mobil jeb untuk menyusuri seluruh penjuru Desa Wisata Nglinggo. 

Kebun Teh Kulonprogo

Kebun teh kulonprogo yang berada di Desa Nglinggo merupakan salah satu potensi andalan yang menjadi daya tarik wisatawan. Lokasi wisata ini menjadi satu-satunya wisata alam favorit untuk menikmati suasana alam berupa perkebunan teh di Yogyakarta. Di area perkebunan teh ini bila cuaca mendukung, Anda bisa menikmati pemandangan perbukitan menoreh yang keren. Bahkan, dari atas kebun teh ini Anda bisa melihat Candi Borobudur dari kejauhan. Penasaran?

Lokasi Desa Nglinggo

Secara administratif, lokasinyanya berada di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonporogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kode pos Desa Nglinggo adalah 55673.

Peta Desa Wisata Nglinggo 

Rute Menuju Desa Wisata Nglinggo

Bila anda ingin menuju ke lokasi Desa Wisata Nglinggo, anda bisa menggunakan transportasi kendaran roda dua maupun roda empat. Jarak tempuh yang dibutuhkan dari pusat Kota Yogyakarta hingga ke lokasi kurang lebih sekitar 1,5 jam. Bila anda kesulitan menuju ke sana karena jalan yang penuh kelokan dan naik turun cukup terjal, maka Anda bisa menggunakan navigasi google map desa wisata Nglinggo atau sewa mobil murah jogja. Keuntungan bila anda menyewa mobil adalah anda tidak perlu capek mengendari kendaraan sendiri. Sewa mobil murah jogja sudah termasuk sopir atau driver dan BBM. Keuntungan lainnya, anda bisa menyewa untuk mengajak beberapa teman maksimak 6 orang. Wah bisa ramai-ramai ya piknik bersama.

Rute yang paling cepat menuju lokasi Kebun Teh Nglinggo bila kita berangkat dari pusat Kota Jogja adalah melewati Jalan Goden. Apabila kita berangkat dari Tugu Jogja misalnya, rute yang dapat ditempuh adalah jalan ke arah barat sekitar 18 Km menuju Kulonprogo sampai melewati Jembatan Sungai Progo. Setelah itu, belok kekanan apabila bertemu dengan traffic light ya. Jalan terus sampai ketemu persimpangan Dekso dan lanjutkan perjalanan dengan ambil arah ke kiri. Kurang lebih sekitar 10 km lagi, Anda akan menemukan papan informasi pintu retribusi ke tempat wisata kebun teh Nglinggo. Selamat mencoba. 

Jam Buka Desa Wisata Nglinggo

Setiap hari Desa Wisata Nglinggo menerima kunjungan wisatawan dari mana saja. Desa ini mulai buka secara operasional mulai pukul 06.00 wib hingga 17.00 wib. Bila anda ingin menikmati suasana matahari terbit atau suasana pagi hari yang menyegarkan, silahkan untuk menyewa homstay yang sudah disediakan dan rasakan sensasinya sendiri.

Tiket Masuk Kebun Teh Nglinggo

Harga tiket masuk setiap pengunjung dikenakan biaya Rp. 6.000. Untuk masuk ke wisata kebun teh Nglinggo tidak membutuhkan biaya mahal ya. Cukup dengan membayar 6000 ribu rupiah bisa sepuasnya keliling kebun teh dan merasakan sensasinya pemandangan alam yang asri. 

Fasilitas Desa Wisata Nglinggo

Saat ini perkembangan desa wisata Nglinggo sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Bagi kalian yang hendak ke sana, fasilitas di Desa Nglinggo yang dapat dimanfaatkan diantaranya sudah tersedia sebanyak 23 homstay, ruang rapat, ruang pertemuan, parkir yang luas, dan lain sebagainya.

Homestay Desa wisata Nglinggo Kulonprogo

Video Desa Wisata Nglinggo

Tips Menyenangkan Berwisata Ke Desa Nglinggo Samigaluh Kulonprogo

Tips penting ini bermanfaat untuk kalian yang ingin berwisata ke Desa Nglinggo. Apa saja tipsnya,berikut ulasannya:

Kontak Pengelola Wisata

Hal yang penting satu ini tidak banyak dilakukan para wisatawan, padahal bila kita kontak terlebih dahulu ke pengelola wisata pasti banyak hal tak terduga yang dapat kita peroleh selama berwisata nantinya. Keuntungan bila kita kontak pengelola wisata adalah kita sebagai wisatawan akan mendapat sambutan dari pengelola wisata. Perssiapan dalam menyambut wisatawan tentu akan lebih matang dan pokoknya surprise buat anda deh. Nah, untuk kalian yang mau kesana bisa menghubungi kontak pengelola dulu ya di sini.

Cek Kendaraan Sebelum Berangkat

Kondisi rute perjalanan menuju Desa Wisata Nglinggo yang naik turun tentu akan membutuhkan kendaraan yang prima. Hal ini untuk antisipasi yang tidak diinginkan ya. 

Bawa Pakaian Hangat

Bagi kalian yang tidak tahan suhu dingin, bisa menggunakan pakaian tebal berupa jaket atau lainnya. Hal ini diakrenakan suhu di Desa Nglinggo ketika sore atau malam hari dan pagi hari sangat dingin. 

Demikianlah ulasan seputar Desa Wisata Nglinggo yang berada di perbukitan menoreh Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Saatnya merencanakan liburan dengan menyenangkan bersama Jogjalagi.com. Yuk liburan ke Yogyakarta dengan aneka pilihan desa wisata yang mengasyikan biar hidup gak membosankan.

Galeri Foto Desa Wisata Nglinggo

ipung.net
ipung.net For any business inquiries, endorsement, collaboration, job, etc. Please send your email to: ipung@gmx.com

Posting Komentar untuk "Desa wisata Nglinggo Kulonprogo, Serunya Berpetualang di Kebun Teh Nglinggo"