Cara Mendapatkan Benih Bermutu Berkualitas - Jogjalagi.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mendapatkan Benih Bermutu Berkualitas

Cara Mendapatkan Benih Bermutu Berkualitas

Benih merupakan salah satu hal yang penting dalam pertanian. Kualitas hasil pertanian dimulai dari bagaimana cara mendapatkan benih berkualitas itu sendiri. Pasalnya, pertumbuhan dari apa yang Kita tanam berawal dari benih. Benih yang memiliki mutu akan berkembang dan menghasilkan produk yang berkualitas juga selain faktor lain, seperti perawatan dan pemupukan berkala. 

Cara mendapatkan benih bermutu ini sangat diminati bagi kalangan ibu rumah tangga maupun para petani. Kondisi pandemi saat ini, banyak aktifitas yang dibatasi dan direkomendasikan untuk tetap selalu di rumah. Maka dari itu banyak yang kemudian beralih untuk merawat tanaman. Salah satunya bercocok tanam hidroponik. Kemudian trending banyak orang mencari benih sayuran berkualitas untuk ditanam. Hal ini karena mudah ditanam di halaman rumah maupun di dalam pot. Apakah kalian salah satu diantaranya?

Bagi para petani, mencari benih berkualitas tentunya sudah menjadi langganan. Karena setiap masa tanam pasti akan membutuhkannya. Dengan menggunakan bibit berkualitas tentu akan jauh menghemat perawatannya karena kondisi tanaman lebih sehat dan dapat mengurangi anggaran untuk pengobatan dan lain-lain karena minim risiko terkena penyakit tanaman. 

Dalam pembahasan kali ini, kita akan menguraikan kriteria dan kelas benih bermutu berkualitas serta tips memilih bibit unggul terbaik.

Kriteria dan Kelas Benih Bermutu Berkualitas

Benih bermutu yang memiliki kualitas terbaik dan rekomendasi untuk pertanian harus memiliki kriteria berikut ini. Benih bermutu setidaknya harus mencakup kondisi secara fisik, fisiologis dan genetik. 

Apa itu benih bermutu secara fisik?

Benih bermutu secara fisik memiliki beberapa ciri yang diantataranya benih sudah bersih dan tidak terkontaminasi oleh kotoran. Benih harus murni tidak ada campuran dari varietas lainnya. Berdasarkan warna, benih bermutu akan terlihat terang dan tidak kusam. Struktur benih akan nampak mulus dan tidak berbecak serta kulitnya tidak terkelupas. Benih bermutu memiliki ukuran normal dan seragam.

Apa itu benih bermutu secara fisiologis?

 Benih bermutu secara fisiologis sangat erat kaitannya dengan daya hidupnya, yakni mulai dari kecambah yang dapat dievaluasi apakah benih ini optimum (menguntungkan) atau suboptimum (kurang menguntungkan)

Apa itu benih bermutu secara genetik?

benih bermutu secara genetik memiliki kaitan erat dengan varietas benih, yang mencakup fenotip (fisik) dan genetiknya. 

Tips Memilih Bibit Unggul Berkualitas

Sukses tidaknya seseorang dalam dunia pertanian maupun perkebunan dimulai dari menentukan bibit unggul berkualitas. Meskipun bibit yang asal ditanam dapat tumbuh, namun dalam perkembangannya ada yang optimal maupun tidak. Hal ini tidak lain karena faktor dari kualitas benih atau bibit yang ditanam. Oleh sebab itu, sebelum melakukan penananaman haruslah diperhatikan betul bagaimana kualitas dari bibit itu sendiri. 

berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memilih bibit unggul berkualitas.

Membeli Bibit Dalam Bentuk Biji

Bibit yang masih bentuk biji dapat dilihat kualitasnya dengan cara merendamkan ke dalam air. Apabila bibit yang direndam tersebut tenggelam maka itulah bibit berkualitas yang dapat dijadikan sebagai bibit unggul. Kemudian, bibit yang mengapung itu jenis bibit yang tidak berkualitas. Maka, jangan jadikan bibit yang tenggelam ini untuk ditanam karena hasilnya tidak akan optimum.

Membeli Jenis Bibit Vegetatif

Membeli bibit dalam bentuk vegetatif dirasakan akan lebih menguntungkan dibanding dengan membeli bibit masih bentuk biji. Hal ini dikarenakan teknik vegetatif bibit memiliki kecenderungan lebih cepat berbuah dibandingkan dari bentuk biji atau dikembangkan dari asal generatif.

Membeli Bibit Tanaman

Apabila membeli bibit dalam bentuk tanaman maka beberapa hal yang wajib diperhatikan diantaranya adalah daun bibit tanaman, perhatikan kondisi batangnya, perhatikan rantingnya, perhatikan akar bibit tanamannya, perhatikan buat bibit tanamannya.

Membeli Bibit di Pohaci

Pohaci - Cara Mendapatkan Benih Bermutu Berkualitas

Apabila Anda masih dalam tahap pemula dan belum berpengalaman dalam bidang pertanian ini. Alangkah baiknya berkonsultasi di Pohaci. Perlu diketahui bahwa Pohaci merupakan media yang akan memberikan penyuluhan seputar pertanian. Adapun layanan menarik yang dapat Anda manfaatkan diantaranya adalah Anda akan diberikan rekomendasi seputar benih dan bibit untuk pertanian yang cocok bagi Anda. Selain itu, prospek harga komoditas dan cara merawat tanaman akan diberikan untuk mempermudah Anda menjalankan usaha pertanian ini. 

Dengan adanya Pohaci ini sangat menarik sekali ya, semua informasi seputar pertanian dapat dengan mudah dikonsultasikan. Bahkan, ini sangat cocok bagi pemula maupun yang sudah senior sekalipun. Hal ini dikarenakan penyediaan jenis bibit dan macam-macamnya tersedia lengkap untuk pertanian lahan maupun hidroponik. Adapun bibit yang tersedia untuk dibeli diantaranya brokoli, paprika, cabe, jagung, terus dan lain-lain. Untuk jenis tanaman lainya silahkan untuk menghubungi Pohaci melalui kontak email contact@pohaci.com atau bagi Anda yang ingin bekerja sama bisa menghubungi di business@pohaci.com

Demikianlah seputar pertanian untuk mendapatkan benih berkualitas. Semoga bagi Anda yang ingin membuat taman hidroponik maupun bertani di lahan pertanian bisa mendapatkan informasi penting ini dan dapat menghasilkan hasil pertanian yang maksimal. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mendapatkan Benih Bermutu Berkualitas"