Cara Mengatasi Laptop Hang dan Eror

Cara Mengatasi Laptop Hang dan Eror

Laptop atau Komputer di era berkembangnya teknologi modern saat ini telah menjadi barang penting bagi setiap orang. Keberadaan laptop hampir setiap waktu dan setiap saat senantiasa dibutuhkan untuk berbagai macam keperluan, mulai dari mengetik, mengolah data, dan lain sebagainya. Semua hal bisa dilakukan dengan laptop atau komputer. 

Mengatasi Laptop Hang

Sebagai pengguna laptop pasti pernah yang mengalami kejadian laptop hang atau komputer hang. Kondisi ini drastis menyebabkan laptop eror dan sistem windows menjadi lambat. Apa yang menyebabkan laptop hang? Penyebab komputer eror? Tenang, masalah ini tidak lagi perlu dikhawatirkan ya. Pasalnya ini sudah menjadi masalah umum dan berikut ini cara mengatasi laptop hang dan eror tersebut.

Kenapa Laptop Bisa Hang

Apa yang menjadi penyebab masalah ini dan bagaimana cara mengatasi laptop hang akan diulas dalam pembahasan kali ini. Faktor yang menjadi penyebabnya bisa karena sistem komputer terjadi crash, hang dan bahkan sistemnya bekerja sangat lambat. 

  • Driver sistem pada lapto perlu update
  • Terkena virus atau malware
  • Memori kekurangan ruang
  • Sistem terlalu overload dalam penggunaan yang menyebabkan suhu meningkat (panas)
  • Software atau perangkat lunak membutuhkan update
  • Hard drive perlu ada masalah
  • Terlalu banyak membuka program atau aplikasi secara bersamaan
  • Belum install windows terupadate

Cara Mengatasi Laptop Hang

Kondisi laptop atau komputer yang dirasakan semakin menurun performanya bisa jadi ada masalah yang muncul. Bila diteruskan lama-lama akan menyebabkan laptop menjadi hang atau eror. Tampilan awal laptop tampak tersendat-sendat dan kemudian berangsur-angsur tidak responsif dan blank. Bahkan dilain kesempatan, tampilan komputer atau laptop akan berubah tampilan menjadi blue screen.

Bila masalah laptop memiliki tanda-tanda akan eror, maka hal ini perlu segera diantisipasi dengan cara mengatasi laptop hang yang akan diulas pada artikel ini. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memulihkan masalah dan upaya antisipasi pencegahannya.

Istirahatkan Laptop Sejenak

Penggunaan laptop atau komputer yang over akan menyebabkan sistem CPU bekerja sangat keras. Dampaknya, perangkat ini akan panas. Oleh karena itu, sejenak istirahatkan komputer atau laptop agar suhu panas dapat kembali normal. Cara ini sangat efektif untuk mengatasi masalah tersebut bila anda sedang mencari cara mengatasi laptop macet

Tutup Aplikasi atau Program

Penggunaan aplikasi secara bersamaan sangat tidak dianjurkan. Hal ini dapat memicu laptop atau komputer menjadi mudah hang. Hal ini karena laptop akan menggunakan ruang memori Ram lebih banyak sehingga kekurangan memori ini dapat memicu terjadinya hang atau eror.

Untuk itu, maka segeralah untuk mengakhiri atau menurup beberapa aplikasi atau software yang tidak penting atau tidak lagi digunakan. Secara umum, Anda dapat menggunakan tombol End Task atau menekan CTRL + ALT + Delete di keyboard.

Scan Virus Dengan Antivirus

Komputer atau laptop sangat rentan terkena serangan virus. Hal ini dapat terjadi bila kita sering menggunakan trasnfer data dengan Flashdisk antar komputer/laptop. Selain itu, virus juga dapat masuk melalui instalasi software atau aplikasi tidak berlisensi. Jadi, rutinlah untuk scan antivirus untuk menghalau keberadaan virus yang  ada di dalam komputer atau laptop kita. 

Install dan Update Driver / Software

Penggunaan aplikasi atau software (driver) perlu diupdate agar support dengan perangkat yang terbaru. Hal ini memungkinkan tidak lagi terjadi hang atau eror pada laptop atau komputer ketika digunakan. 

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi laptop eror atau laptop hang. Semoga artikel dapat memberi pencerahan bagi Anda agar dapat memulihkan kondisi laptop atau eror menjadi normal seperti sedia kala. Apabila ada pertanyaan dan kririk saran silahkan kirimkan dikolom komentar. Terima kasih.