Olahraga Ringan Dari Rumah Agar Badan Selalu Fit

Olahraga Ringan Dari Rumah Agar Badan Selalu Fit

Di tengah masa pandemi seperti yang terjadi saat ini, segala macam aktifitas terbatas. Salah satunya kegiatan berolahlaga di ruang terbuka atau fasilitas umum. Hal ini dilakukan sebagai benttuk upaya menekan persebaran virus corona. Meskipun demikian, olahraga wajib dilakukan dari mana saja, yakni dari rumah. 

Pasalnya, olah raga rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap senantiasa sehat dan bugar. Banyaknya aktifivitas yang kini banyak dilakukan dari rumah perlu diimbangi dengan kegiatan olah raga. Pasalnya, seseorang dengan kesibukan yang luar biasa rentan terserang berbagai penyakit, sehingga olahraga menjadi salah satu solusi untuk hidup sehat.

Olah raga ringan dari rumah tidak perlu dilakukan dengan mengeluarkan fisik yang besar, melainkan dapat dilakukan dengan cara simple atau sederhana. Cara ini sangat efektif dilakukan daripada tidak sama sekali olahraga. 

Olahraga Dari Rumah

Olahraga apa saja yang dapat dilakukan dari rumah? Berikut ini ulasan olarhraga ringan yang bisa dilakukan siapa saja dan kapan saja dari rumah.

Olahraga Jogging

Jogging sangat murah dan merih untuk dilakukan di lingkungan sekitar rumah. Apabila Anda memiliki halaman rumah yang cukup luas ini sangat membantu untuk bisa olahraga Jogging. Persiapan yang pelu dilakukan sebelum melakukan jogging wajib untuk pemanasan terlebih dahulu.

Pemanasan sebelum jogging dilakukan agar mengurangi risiko cedera yang biasa terjadi pada otot. Lakukan jogging secukupnya saja, yakni tidak perlu lama. Lakukan jogging sebentar namun rutin lebih baik untuk mendapatkan tubuh yang fit.

Olah Raga Gerakan Duduk-Berdiri

Gerakan yang mudah dilakukan ini dengan cukup duduk di kursi dan kemudian berdiri. Cara yang cukup mudah untuk dilakukan namun harus dilakukan secara berulang-ulang menyesuaikan irama, yakni duduk tiga detik kemudian berdiri. Adapun yang perlu diketahui bahwa cara duduk berdiri ini dapat membantu pernafasan serta melatih otot kaki.

Olah Raga Naik Turun Tangga

Olahraga berikutnya yang dapat dilakukan bersamaan dengan aktifitas sehari-hari yakni naik turun tangga. Olah raga ringan ini dapat dilakukan bagi Anda yang di rumahnya lantai 2 atau lingkungan sekitar yang ada tangganya. Lakukan dengan jalan kaki seperti biasa untuk menaiki maupun menuruni tangga secara berulang. Diakhir olah raga ini, lakukan dengan tempo berjalan dengan sedikit leboh cepat. Namun, tetap harus hati-hati ya untuk melakukan ini agar tidak terjadi kecelakaan dalan olah raga.

Olah Raga Push Up

Push up menjadi olah raga ringan yang bisa dilakukan siapa saja dan dimana saja. Caranya mudah yakni cukup posisi tidur tengkurap dan tangan berada di samping kanan dan kiri dan kemudian mendorong badan ke atas ke bawah. Turunkan badan namun jangan sampai menyentuh lantai dan naikkan badan lagi dengan posisi badan sejajar. Olah raga ringan ini dapat membantu melatih kekuatan otot.

Olahraga Sit Up

Selain Push Up, ada olah raga ringan lainnya yang sederhana yakni sit up. Kebalikan dari push up, sit up dilakukan dengan posisi badan berbaring dan posisi kaki ditekuk menyentuh lantai. Silangkan tangan di depan dada atau posisi tangan berada di belakang kepala. Angkat tubuh bagian atas hingga menyentuh lutut dan kemudian turunkan sampai ke posisi awal. 

Demikianlah cara mudah melakukan olah raga ringan dari rumah. Sudahkah anda olah raga hari ini? kalau belum yuk lakukan meskipun sebentar ya. Jangan sampai tubuh kita terlalu sibuk bekerja dan mengalami gejala neuropati.

Apa itu Neuropati?

Neuropati merupakan sebuah istilah yang digunakan dalam dunia medis untuk seseorang dengan gejala gangguan pada saraf yang ada di tubuh. Biasanya neuropati ini memiliki gejala nyeri, kesemutan, kram otot sampai buang air kecil susah. 

Yuk tetap jaga kesehatan dengan cara olah raga ringan. Jangan sampai mengalami berbagai gejala penyakit yang menggangu aktifitas sehari-hari. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini, semoga bermanfaat.