Cara Menjaga Kesehatan Jantung - Jogjalagi.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan bagian organ tubuh yang sangat vital. Kesehatan jantung perlu di jaga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Perlu diketahui bahwa banyak kasus di dunia ini yang paling mamatikan nomor 1 adalah penakit jantung. Hal yang paling mengerikan adalah serangan jantung dapat terjadi dengan tiba-tiba. Bahkan, penderita terkadang tidak pernah menduga sama sekali jika dirinya tengah pengidap penyakit jantung. Oleh karena itulah artikel ini akan membahas bagaimana cara untuk menjaga kesehatan jantung agar tetap terjaga.

Menjaga Kesehatan Jantung

Makan Makanan Sehat
Salah satu hal yang wajib diperhatikan adalah menjaga pola makanan yang sheat. Hindari konsumsi makanan yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung. Adapun jenis makanan yang perlu dihindari diantanya adalah makanan yang banyak mengandung lemak dan garam di dalamnya, seperti fast food, daging asap, sosis dan jenis makanan dengan pengolahan menggunakan teknik deep fry. Lantas, jenis makanan yang direkomendasikan agar dapat menjaga kesehatan jantung adalah konsumsi makanan segar seperti sayuran dan buah-buahan serta kacang-kacangan dan ikan salmon.

Olahraga Yang Rutin
Berolahraga lah yang cukup dan jangan telalu yang berat-berat. Kegiatan ini dapat melatih kinerja jantung untuk tetap sehat. Lakukanlah pemanasan sebelum memulai olahraga. Hal ini dilakukan agar kinerja jantung selama memompa darah bisa lebih deras dan pembuluh darah yang dilewatinya memiliki kelenturan. 

Perbanyak Minun Air Putih
Risiko serangan jantung dapat menurun sebanyak 54% pada seorang pria dan pada wanita sebesar 41% apabula rajin minum air putih. Kenapa bisa begini? Hal ini karena kandungan air dapat melarutkan kandungan garam pada darah. Alhasil kinerja jantung dapat ringan ketika memompa dan menyalurkan ke seluruh tubuh. 

Jaga Berat Badan 
Timbangkan berat badan agar bisa dapat mengkontrol dan mendapatkan nilai yang ideal. Dengan adanya perencanaan ini Kita bisa terhindar dari risiko terjadinya serangan jantung.

Berhenti Merokok
Apakah anda memililiki kebiasaan merokok? Saatnya mengurangi dan kalau bisa berhentilah agar kesehatan jantung bisa kembali pulih. Berdasarkan hasil penelitian kesehatan, rata-rata setiap tahunnya terdapat sebanyak 1,9 juta orang kehilangan nyawa akibat adanya serangan jantung. 

Istirahat Cukup
Badan yang sehat tentu memiliki waktu yang istirahat cukup. Jangan terlalu memaksakan kemampuan tubuh. Apabila sudah dalam kondisi tidak fit alangkah lebih baiknya untuk istirahat sejenak. 

Cek Rutin Kadar Kolesterol
Salah satu hal yang disarankan agar bisa memperhatikan kesehatan jantung adalah dengan melalukan pengecekan secara rutin terhadap kadar kolesterol dalam tubuh kita. Pengecekan rutin bisa di lakukan di Rumah Sakit Jantung Binawaluya agar bisa tedeteksi lebih awal risiko jantung yang ada. 

Rumah Sakit Jantung Binawaluya

Pemeriksaan cek  kesehatan yang rutin dapat dilakukan di rumah sakit mana saja. Bahkan kita bisa memanfaatkan kartu BPJS agar biaya pemeriksaan dapat tercover, seperti di RS Jantung Harapan Kita BPJS

Demikianlah artikel seputar cara menjaga kesehatan jantung ini, semoga bisa menambah pengetahuan dan tetap menjaga kesehatan jantung agar tetap sehat. Salam sehat. 

Posting Komentar untuk "Cara Menjaga Kesehatan Jantung"