Review Cara Mengetahui Pinjol Legal dan Pinjol Ilegal

Review Cara Mengetahui Pinjol Legal dan Pinjol Ilegal

Entah berita baik atau buruk, persoalan pinjaman online alias pinjol sempat mewarnai pemberitaan diberbagai media di Jogja hingga nasional. Turut bersyukur karena perusahaan pinjol di Sleman Jogja telah digerebek Polisi beberapa pekan lalu. Di sisi lain, pinjol telah mencoreng nama baik Jogja sebagai kota berbudaya. Meskipun demikian, langkah Polisi yang telah berhasil meringkus komplotan perusahaan pinjol ilegal ini patur diapresiasi.

Perbedaan Pinjol Legal dan Pinjol Ilegal

Bagi kalian yang masih awan soal perusahan pinjaman online ini wajib mengetahui beberapa hal agar tidak terjebak dalam jeratan pinjol yang meresahkan. Sudah banyak orang telah menjadi korbannya dari mendapatkan banyak tekanan hingga sampai tiada pun juga ada. Oleh karena itu berikut ini beberapa review seputar perbedaan pinjol legal dan pinjol ilegal. Jangan sampai terkecol dan terperdaya dengan iming-iming pinjaman online yang kian marak saat ini.

Review perbedaan pinjol online yang legal dan ilegal ini merujuk pada ketentuan yang dikeluarkan oleh OJK (Otoritasi Jasa Keuangan). Berikut ini ulasannya

Perijinanan

Regulator atau pengawasan yang dilaksanakan oleh perusahaan harus jelas terkait perijinannya. Salah satunya adalah perusahaan Fintech legal pasti akan memiliki izin operasi dan memiliki regulator khusus. Adapaun izin ini akan memberikan pengawasan terhadap penyelenggaraan kegiatan yang ada. 

Bila izin tidak ada, sudah dipastikan bahwa perusahaan fintech tersebut ilegal alias abal-abal. Adanya pinjol ilegal ini aspek perlindungan terhadap konsumen tidak akan mendapat perhatian dan pengawasan jasa keuangan.

Tingkat Kewajaran Suku Bunga dan Denda

OJK memberikan informasi bunga dan denda maksimal yang jelas kepada para pengguna. Sehingga, apabila Anda menemukan informasi Pinjaman Online dengan suku bunga dan denda yang jelas maka bisa diapstikan sudah termasuk dalam pinjaman online resmi atau legal. Hal ini akan berbeda bila pinjaman online ilegal. Suku bunga dan denda sangat tidak wajar. Bahkan terasa sangat mencekik para korban. 

Alamat Kantor

Lokasi kantor yang jelas dan tidak fiktif menjadi salah satu indikator bahwa perusahaan pinjaman online telah memiliki izin resmi alias legal. Apabila tidak dapat menemukan lokasi pinjol maka sudah pasti pinjol yang dimaksud adalah ilegal. 

Standar Pengurusan dan Cara Penagihan

Jajaran direksi dan komisaris perusahaan pinjol memiliki status jelas dan setidaknya memiliki 1 tahuan pengalaman yang bergerak di bidang jasa industri keuangan. Bila ini tidak ditemukan, sudah jelas pinjol yang dimaksud merupakan pinjol ilegal.

Terkait dengan penagihan, bisa dilihat dari kata-kata yang dikeluarkan apakah kasar, mengancam hingga diluar nalar maka sangat jelas bisa dibedakan mana pinjol legal atau ilegal. 

Keamanan Akses Data Pribadi

Data pribadi wajib mendapat perlindungan hukum karena menyangkut keamanan dan privasi. Pinjol legal yang telah terdaftar OJK pasti akan memperhatikan ketentuan berlaku. Apabila bertemu dengan pinjol ilegal maka ini sangat dikhawatirkan karena potensi penyalahgunaan data yang ada. 

Untuk lebih jelasnya terkait dengan pinjol legal atau ilegal bisa mengakses situs resmi www.afpi.or.id atau hubungi kontak 150505 (bebas pulsa) atau kontak OJK 157. Semoga kita semua diberi kemudahan agar tidak terjerat dari kejamnya pinjaman online yang meresahkan. Terima kasih.


Posting Komentar untuk "Review Cara Mengetahui Pinjol Legal dan Pinjol Ilegal"