Cara Cek Emas Asli Atau Palsu Dengan Mudah - Jogjalagi.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Cek Emas Asli Atau Palsu Dengan Mudah

Emas merupakan logam yang paling banyak digunakan oleh Manusia untuk berbagai macam hal. Adapun diantaranya sebagai perhiasan maupun sebagai alat untuk investasi. Oleh karena itu, emas yang dijual dipasaran rentan diduplikasi hingga menyerupai aslinya. Maka dari itu, perlu adanya cara mengecek emas itu asli atau palsu. Yuk simak ulasan tentang cara cek emas asli atau palsu dengan mudah sebagai berikut. 

Cek Emas Asli Atau Palsu 

Cek Fisik Emas Dengan Seksama

Harga emas yang terus melambung tinggi dari waktu ke waktu menjadikan nilai emas makin meningkat dan cocok sebagai cara untuk berinventasi emas. Apakah anda salah satunya?  Bila anda ingin berinventasi emas, perlu yang namanya kehati-hatian sebelum membeli emas. Pasalnya, di pasaran kerap dijumpai penipuan investasi emas bodong yang sangat merugikan konsumen. 

Oleh karena itu, cara pertama untuk membedakan emas asli atau palsu adalah dengan cek fisik emas dengan seksama. Perbedaan antara emas asli dan palsu akan terlihat dari warna kuning yang begitu mencolok. Biasanya emas palsu memiliki bahan dari kuningan. Emas palsu akan tampak lebih gelap dan kusam dari pada emas yang asli. Hal ini karena emas asli tampak lebih mengkilap, berkilau dan jauh lebih kuning. Jadi untuk cara ini cukup dilihat dengan cara seksama ya.

Goreskan Emas Pada Keramik

Salah satu cara lain untuk mengetahui emas asli atau palsu dapat dilakukan dengan cara menggores-goreskan emas pada lantai keramik. Apabila emas yang dicoba goreskan pada keramik tidak mengalami goresan sama sekali maka bisa dipastikan itu adalah emas asli. Sedangkan emas palsu akan mudah sekali tergores dan terlihat tampak akan rusak terutama bila dilakukan lebih intens dan kencang. 

Menggigit Emas

Perlu diketahui bahwa logam mulia emas pada dasarnya sangat lunak dan mudah sekali untuk dibentuk. Hal ini apabila kadar pada emas tersebut semakin tinggi maka akan semakin lunak. Dari hal ini kita bisa membedakan emas asli atau palsu dengan cara menggigit permukaan emas. Apabila pada emas terdapat tampak bekas gigitan maka bisa dipastikan itu adalah emas asli. Meskipun cara ini bisa dilakukan, tapi tidak disarankan untuk langsung membelinya. Pasalnya, selain emas, kandungan mineral logal seperti timah juga memiliki sifat yang sama yakni logam lunak. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengecekan dengan indikator lainnya. 

Mendekatkan Emas Dengan Magnet

Logam emas memiliki sifat yang nonmagnetis. Apabila emas didekatkan dengan magnet maka tidak akan dapat tertarik maupun menempel. Meskipun demikian, material logam lain yang digunakan untuk membuat emas duplikasi juga bisa terbuat dari logam bersifat nonmagnetis. Maka, cara ini harus dicek dengan indikator lainnya juga untuk membuktikan keaslian emas tersebut. 

Meneteskan Asam Nitrat

Asam nitrat dapat membantu dalam mendeteksi kandungan emas asli atau palsu. Meskipun demikian, perlu adanya kehati-hatian dalam meneteskan asam nitrat ini agar tidak berbahaya bagi tubuh serta pernafasan. Oleh karena itu perlu kadar yang sesuai saat meneteskannya. Apabila emas palsu diteteskan asam nitrat ini makan logam akan berubah wana menjadi hijau. Apabila berubah jadi kuning maka itu adalah logam emas asli. 

Demikianlah cara cek emas asli atau palsu dengan mudah. Apabila masih ragu dalam jual beli emas maka usahakan untuk membelinya ditempat yang sudah terpercaya. Salah satunya di MULYOGOLD.COM

Cara Cek Emas Asli Atau Palsu Dengan Mudah

Jual beli emas jogja sangat mudah dan dijamin emas dalam kandungan yang asli. Bahkan yang paling membantu adalah MULYOGOLD.COM memiliki nilai jual beli emas yang relatif terjangkau dan menguntungkan. 

Apabila anda ingin berinventasi emas dengan cara mudah maka bisa lakukan pemesanan emas atau apabila ingin menjual hasil investasi emas bisa melakukannya di MULYOGOLD.COM

Hal yang menarik lagi di MULYOGOLD.COM adalah transaksi jual beli emas tanpa surat Jogja. Nah, bagi kalian yang berada di Jogja, ingin membeli atau menjual emas namun surat-surat tidak ada alias hilang entah kemana. Sangat bisa dilakukan dengan cara jual beli emas jogja di MULYOGOLD.COM

Semoga dengan adanya MULYOGOLD.COM, kita semua yang ingin memiliki atau ingin menjual emas dapat lebih tenang dari risiko kerugian. Terutama pada saat membeli emas bila kita tidak paham cara mengecek emas asli atau palsu. 

Demikian sekilas uraian tambahan seputar jual beli emas jogja semoga bermanfaat untuk kita semua. 

Posting Komentar untuk "Cara Cek Emas Asli Atau Palsu Dengan Mudah"