6 Kuliner Jogja yang Populer dan Super Sedap. Yuk, Cobain! - Jogjalagi.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Kuliner Jogja yang Populer dan Super Sedap. Yuk, Cobain!

Ada banyak sisi menarik dari Jogja yang bisa dikisahkan. Selain daya tarik wisatanya yang memukau dan wilayah dengan banyak cerita sejarah, kota Jogja juga memiliki kekayaan kulinernya yang khas. Lantas, apa saja sih kuliner Jogja yang populer dengan cita rasa yang menggoda? Pasti Anda penasaran bukan? Untuk itu, yuk simak penjelasan seputar kuliner di area Jogja berikut ini.

6 Kuliner Jogja yang Populer

1. Gudeg Yu Djum

Banyaknya olahan kuliner gudeg membuat Jogja mendapat julukan sebagai kota gudeg. Salah satu pusat gudeg yang jadi legenda di Jogja adalah Gudeg Yu Djum karena telah berdiri sejak tahun 1926. Meskipun sudah berusia puluhan tahun dan usahanya telah dijalankan secara temurun, tetapi cita rasa gudeg tradisional yang khas, yaitu gurih dan agak manis masih bisa dipertahankan. Warung gudeg ini buka mulai pukul 07.00 - 19.00 WIB dan beralamat di Jl. Asem Gede No. 14, Cokrodiningratan, Jetis.

2. Gudeg Pawon

Referensi kuliner gudeg lainnya yang cukup populer di Jogja adalah Gudeg Pawon. Salah ciri khas dari warung gudeg ini adalah cara penyajian gudeg yang diletakkan di atas pawon (dapur tradisional). Masalah rasa jangan diragukan lagi. Masyarakat Jogja sendiri dan para wisatawan menyukai gudeg ini karena kulinernya sedap, sedikit pedas, dan tidak begitu manis. Saking larisnya, warung Gudeg Pawon hanya dibuka pada malam hari mulai pukul 21.30 - 00 WIB dan beralamat di Jl. Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Umbulharjo. Pastikan Anda datang tepat waktu supaya tidak kehabisan dan tidak terlalu antre.

3. Sop Ayam Pak Min

Kuliner istimewa lainnya dari kota Jogja yang jadi incaran para pecinta kuliner adalah Sop Ayam Pak Min. Kuliner ini merupakan perpaduan antara bumbu dan bahan makanan yang terdiri atas sayap, dada, paha, maupun ayam, telur, taburan daun bawang goreng dan seledri, kecap, air perasan jeruk nipis, serta kuah kaldu yang super gurih. Kuliner sop ayam ini selalu disandingkan dengan semangkuk nasi. Di samping itu, juga terdapat lauk tambahan, seperti kerupuk, tahu, dan tempe. Warung sop ini buka mulai pukul 07.00 - 20.30 WIB dan beralamat di Jl. Taman Siswa, Wirogunan, Mergangsan, Yogyakarta.

4. Sate Klathak Pak Pong

Sate Klathak Pak Pong memang paling beda. Ya, olahan kuliner sate yang jadi incaran para pendatang ini berbahan dasar daging kambing. Sebenarnya, bumbu rempah untuk membuat sate kambing begitu umum yang terdiri atas merica, kecap, dan garam yang dicampur menjadi satu. Hal yang membuat sate ini beda dari sate lainnya adalah penggunaan jeruji sepeda sebagai tusuk sate kambing tersebut. Pemilik warung ini beralasan bahwa dengan menggunakan jeruji besi, sate kambing bisa matang sampai merata. Warung ini dapat Anda jumpai di Jalan Imogiri, Bantul, Yogyakarta.

5. House of Raminten

Kepopuleran restoran House of Raminten ternyata tidak hanya di area Jogja, melainkan juga di luar wilayah Jogja. Restoran ini sebenarnya menyajikan aneka menu tradisional khas Jogja. Hal yang membuat restoran ini begitu istimewa adalah konsep bangunan restoran, baik interior maupun eksterior, yang kental dengan nuansa adat Jawa. Jika Anda dan teman-teman Anda singgah ke restoran ini, maka Anda akan dilayani oleh para pelayan yang memakai pakaian adat Jawa dengan senyum yang ramah. Restoran ini beralamat di Jl. FM Noto 7, Kotabaru, Yogyakarta.

6. Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

Bagi Anda penggila kuliner pedas, Anda boleh coba kuliner Oseng-Oseng Mercon Bu Narti. Ketika Anda makan kuliner ini, Anda akan merasakan pedas yang luar biasa hingga Anda berkeringat menahan pedas. Rasa pedas tersebut merupakan perpaduan dari bumbu dapur pilihan, seperti cabai dan merica, serta bumbu rempah lainnya sehingga menghasilkan cita rasa makanan yang lezat dan pedasnya menggila. Bila Anda penasaran dengan kuliner ini, silahkan Anda datang ke lapaknya di Jl. KH Ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan, Yogyakarta.

Untuk mempermudah dalam pembayaran setiap membeli makanan atau minuman kuliner Jogja bisa menggunakan aplikasi BRImo. 

BRI Mobile Banking atau BRImo

BRI Mobile Banking atau BRImo ialah suatu aplikasi keuangan dari salah satu produk perbankan andalan BRI. Anda dapat download BRI Mobile Banking di play store ataupun app store. Dengan download aplikasi ini, Anda akan mendapatkan beberapa kemudahan dalam bertransaksi, seperti pembayaran QR, top up Gopay, dan transaksi keuangan lainnya.

Posting Komentar untuk "6 Kuliner Jogja yang Populer dan Super Sedap. Yuk, Cobain!"