Company Profile: Definisi, Manfaat, dan Isinya yang Wajib Diketahui - Jogjalagi.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Company Profile: Definisi, Manfaat, dan Isinya yang Wajib Diketahui

Apakah bisnis atau perusahaan Anda ingin dikenal oleh masyarakat luas? Coba saja buat company profile (profil perusahaan) yang keren. Lantas, bagaimanakah cara membuat profil perusahaan yang keren itu? Mau tahu kan? Maka dari itu, mari simak ulasan menariknya seperti berikut.

Company Profile: Definisi, Manfaat, dan Isinya yang Wajib Diketahui

Company Profile: Definisi, Manfaat, dan Isinya

Apa itu company profile?

Company profile pada dasarnya adalah sekumpulan informasi penting yang menerangkan tentang suatu unit usaha atau perusahaan tertentu. Company profile yang keren bisa diibaratkan kesan pertama yang membuat masyarakat luas atau konsumen tertarik dengan bisnis yang Anda kelola. Itulah sebabnya kini banyak unit usaha maupun perusahaan bersaing untuk membuat profil perusahaan yang bagus.

Pentingnya Company Profile

Profil perusahaan perlu dibuat dengan serius supaya bisa menarik perhatian para calon konsumen. Hal ini didasari oleh beberapa faktor penting yang harus diketahui khususnya bila ingin melalui jasa design company profile, di antaranya:

1. Menerangkan Informasi Detail suatu Perusahaan

Informasi yang ditampilkan dalam profil perusahaan semestinya dibuat secara valid, ringkas, serta jelas. Mengapa hal ini penting? Hal ini karena konsumen adalah pihak yang akan mengeluarkan sejumlah uang, baik dalam jumlah kecil maupun besar, dan bersedia membeli produk barang/jasa dari usaha atau bisnis Anda. Untuk menarik minat konsumen, maka suatu unit usaha atau perusahaan perlu memberikan kepercayaan kepada para konsumennya dan meyakinkan mereka bahwa mereka tidak akan kecewa dengan produk barang/jasa yang telah mereka beli. Informasi profil perusahaan berisi tentang beberapa hal penting, di antaranya adalah kontak yang bisa dihubungi (telepon, email, media sosial perusahaan), struktur jabatan pada perusahaan tertentu, maupun prospek bisnis yang menguntungkan.

2. Menaikkan Tingkat Branding

Suatu perusahaan atau unit usaha tertentu dengan profil perusahaan yang bagus bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen. Namun, bukan hanya itu. Ternyata, calon investor juga bisa tertarik dengan perusahaan tertentu untuk menanamkan modal yang dimilikinya. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan karena suatu unit usaha/perusahaan bisa makin berkembang dan mengenalkan produknya ke pangsa pasar yang lebih luas lagi.

3. Mempromosikan Produk kepada Konsumen

Selain menampilkan informasi penting, profil perusahaan juga perlu mengenalkan tentang produk barang/jasa apa saja yang dikelola oleh suatu unit usaha/perusahaan tertentu. Supaya lebih menyakinkan, pihak perusahaan juga bisa menyertakan tentang harga pada setiap produk barang/jasa yang ditawarkan kepada para calon konsumen.

Manfaat Membuat Company Profile

Ada beberapa manfaat dalam pembuatan profil perusahaan, di antaranya yaitu:

1. Sebagai Media untuk Memasarkan Produk

Di era digital seperti sekarang ini, aktivitas perdagangan berupa jual dan beli online makin meningkat saja. Hal ini ditunjukkan dengan banyak berkembangnya toko online, baik yang didirikan sendiri maupun ikut bergabung dalam marketplace tertentu, seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya. Di sinilah, perusahaan atau suatu unit usaha perlu mempromosikan produk barang/jasa mereka dengan mencantumkan harga yang lebih kompetitif supaya produknya laris manis dan menghasilkan keuntungan yang banyak.

2. Sebagai Media Branding dan Publikasi kepada Masyarakat

Profil perusahaan juga bisa ditampilkan di media elektronik maupun media cetak. Maka dari itu, diperlukan orang atau pihak tertentu yang memang ahli dalam membuat profil perusahaan. Ada beberapa hal yang penting ditampilkan dalam profil perusahaan supaya branding lebih kuat, di antaranya adalah kualitas maupun kelebihan produk barang/jasa yang dimiliki oleh suatu unit usaha atau perusahaan tertentu. Media yang bisa digunakan untuk branding, misalnya pamflet, buku, brosur, spanduk, reklame, hingga website.

Apa saja isi company profile?

Company profile (compro) terdiri atas beberapa bagian, di antaranya yaitu:
  1. Cover, sampul depan profil suatu unit usaha/perusahaan.
  2. Kata pengantar, yang menerangkan profil perusahaan secara singkat.
  3. Sejarah perusahaan, menjelaskan tentang kisah berdirinya suatu usaha dari awal hingga sekarang.
  4. Visi dan misi perusahaan, yang berisi tentang berbagai macam visi dan misi perusahaan supaya bisa berkembang menjadi usaha yang maju dan memperoleh banyak keuntungan.
  5. Anggota organisasi, yang berisi tentang berbagai pihak yang terlibat dalam mengelola suatu unit usaha/perusahaan.
  6. Produk, yang menjelaskan tentang barang/jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen.
  7. Kelebihan produk, yang menampilan keistimewaan dan daya saing dari produk yang dijual.
  8. Testimonial, yang berisi tentang cerita pelanggan yang puas dengan produk/layanan dari perusahaan tertentu.
Mari, buatlah company profile untuk usaha Anda sendiri sebagus mungkin. Dengan begitu, bisnis Anda akan semakin dikenal oleh banyak orang dan meraih kesuksesan. Apabila tidak punya waktu dan ide, bisa serahkan kepada ahlinya yakni jasa pembuatan company profile terpercaya. Semua urusan design langsung dikerjakan secara profesional dan Anda tinggal tunggu beres saja. Semoga bisnis Anda sukses. Terima kasih sudah membaca ulasan artikel seputar Company Profile: Definisi, Manfaat, dan Isinya yang Wajib Diketahui. 

Posting Komentar untuk "Company Profile: Definisi, Manfaat, dan Isinya yang Wajib Diketahui"