10 Makanan yang Laris di Bulan Puasa. Dijamin Untung! - Jogjalagi.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Makanan yang Laris di Bulan Puasa. Dijamin Untung!

Puasa merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim selama bulan Ramadhan. Kendati berat harus menahan rasa lapar dan dahaga, tetapi umat muslim menjalani dan menyambut ibadah puasa ini dengan penuh suka cita. Ya, makanan yang laris di bulan puasa menjadi salah satu faktor yang membuat umat muslim bahagia untuk menjalani puasa. Lantas, apa saja sih makanan yang banyak diburu orang saat bulan mulia tersebut? Inilah beberapa di antaranya:

10 Makanan yang Laris di Bulan Puasa. Dijamin Untung!

Makanan yang Laris di Bulan Puasa

1. Kolak Pisang

Membuat kolak pisang juga bisa menjadi ide jualan minuman bulan puasa. Kolak pisang rasanya menjadi menu favorit bagi sebagian besar orang Indonesia. Kolak pisang terbuat dari beberapa bahan, seperti pisang, kolang-kaling, dan terkadang diberi campuran ubi. Kolak terasa manis karena karena diberi tambahan gula jawa/merah secukupnya. Supaya lebih gurih dan wangi, biasanya minuman kolak ini diberi santan, daun pandan, dan vanili secukupnya.

2. Sup Buah

Jajanan bulan puasa unik lainnya yang banyak dicari adalah sup buah atau es teler. Sup ini terdiri atas potongan buah-buahan, seperti semangka, avokad, stroberi, dan lainnya. Untuk menambah rasa manis dan mempercantik tampilan, biasanya sup buah akan diberi pemanis sirup dan susu. Adapun campuran pada sup buah ini bisa berbeda-beda antara orang satu dan lainnya karena tergantung dari selera masing-masing.

3. Es Cendol

Es cendol juga menjadi minuman favorit lainnya yang banyak dinantikan saat berbuka puasa. Es cendol terasa manis dan gurih karena ada tambahan gula jawa dan santan. Terkadang, es cendol juga diberi tambahan cincau sesuai dengan kesukaan masing-masing orang. Rasa es yang dingin ditambah cendol dan cincau mampu mengobati rasa dahaga dan panas dalam yang teramat sangat setelah seharian berpuasa.

4. Es Kelapa Muda

Apakah Anda ingin minuman berbuka puasa yang bisa mengobati rasa haus, menyegarkan, dan mengembalikan energi setelah seharian berpuasa? Untuk hal ini, maka es kelapa muda bisa menjadi pilihan yang tepat. Kelapa yang masih muda dagingnya empuk sehingga bisa mengobati rasa lapar Anda. Sementara itu, air kelapa muda terbukti ampuh dalam mengobati rasa lemas akibat lama menahan haus. Hal ini karena dalam air kelapa muda terdapat kandungan nutrisi, seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin C, dan nutrisi penting lainnya yang bermanfaat dalam memulihkan energi tubuh.

5. Cilok

Siapa yang tak suka dengan cilok? Salah satu street food ini nyatanya tak hanya disukai anak kecil, melainkan juga orang dewasa dan menjadi menu favorit ketika berbuka puasa. Cilok terbuat dari tepung kanji yang diberi bumbu sehingga terasa gurih. Bentuknya bulat kecil seperti bakso dan kenyal ketika dikunyah. Rasa cilok bisa semakin nikmat ketika disantap bersama dengan saus, kecap, ataupun kuah kacang.

6. Kurma

Menurut anjuran sunnah Rasulullah Muhammad Saw., umat muslim dianjurkan berbuka puasa dengan kurma atau mengonsumsi makanan yang manis. Hal ini karena mengonsumsi kurma atau makanan manis bisa memulihkan tenaga dengan cepat sehabis Anda berpuasa seharian. Anda bisa memakan buah kurma secara langsung atau membuat minuman segar dengan buah kurma sebagai salah satu campurannya.

7. Mi Ayam

Mi ayam sepertinya menjadi menu street food yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, apalagi setelah berbuka puasa. Mi ini terdiri atas campuran mi kenyal, ayam cincang gurih dan berbumbu, sawi hijau, plus kuah yang panas. Supaya lebih enak, Anda bisa menambahkan sambal, saus, maupun kecap.

8. Bakso

Menu makanan lainnya yang bisa dijadikan alternatif untuk teman berbuka puasa adalah bakso. Ya, rata-rata orang Indonesia sangat suka menyantap bakso. Dalam satu mangkuk, umumnya terdiri atas campuran mi kuning, mie putih, sawi hijau, dan beberapa buah bakso sapi ataupun bakso rasa ayam. Harga per porsi bakso kisarannya cukup murah antara Rp 10.000-Rp 15.000.

9. Gorengan

Gorengan yang laris di bulan puasa antara lain mendoan, bakwan, pisang goreng, tahu brontak, lumpia, tempura, dan lain-lain. Saat tiba waktunya ngabuburit atau menjelang berbuka puasa, banyak penjual gorengan di pinggiran jalan yang menawarkan gorengan mereka. Gorengan rasanya gurih dan harganya murah sehingga banyak orang yang ketagihan mengonsumsi aneka gorengan tersebut.

10. Jajanan Pasar

Waktu ngabuburit terasa semakin berkesan ketika dihabiskan dengan jalan-jalan sambil memilih menu jajanan pasar. Menu ini sebenarnya adalah camilan tradisional yang umumnya terasa manis dan gurih. Beberapa jajanan pasar tersebut antara lain gethuk, klepon, lemper, arem-arem, dadar gulung, kue lapis, apem, bolu kukus, agar-agar, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa makanan yang laris di bulan puasa. Jika Anda berminat, Anda bisa jualan salah satu menu atau beberapa menu makanan sekaligus yang dijamin bakalan laris manis. Selain mudah dibuat, bahan-bahannya juga gampang untuk ditemukan. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "10 Makanan yang Laris di Bulan Puasa. Dijamin Untung!"