Ilmu Penting! Inilah 6 Kiat Menjadi Pengusaha Sukses - Jogjalagi.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ilmu Penting! Inilah 6 Kiat Menjadi Pengusaha Sukses

Ilmu Penting! Inilah 6 Kiat Menjadi Pengusaha Sukses

Menjadi pengusaha sukses adalah impian setiap pebisnis. Bayangkan saja, Anda tak perlu jadi buruh, uang melimpah, dan bisa mengelola bisnis sendiri sesuai dengan passion Anda. Akan tetapi, untuk menjadi seorang pebisnis sukses itu tidaklah mudah. Sebab, dibutuhkan proses yang memakan waktu lama hingga Anda terbilang berhasil mengelola suatu bisnis. Namun, Anda tak perlu bingung karena berikut ini ada beberapa ilmu penting supaya Anda bisa mencapai predikat sebagai pengusaha yang sukses.

Sebelum menjadi seorang pengusaha yang sukses, Anda perlu mengawali bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu hingga akhirnya bisnis Anda berkembang dan semakin besar. Di balik semua itu, perlu ditanamkan beberapa prinsip penting supaya bisa menggapai impian sebagai pengusaha yang sukses. Pada dasarnya, ada banyak kiat atau panduan untuk menjadi pengusaha yang sukses, di antaranya yaitu:

Kiat Menjadi Pengusaha Sukses 

1. Kerja Keras

Sebagian orang mendapatkan kesuksesan karena warisan ataupun pengaruh nama besar dari orang tua maupun leluhur mereka. Di sisi lain, ada pula sebagian orang lainnya yang membangun bisnis dari nol. Ia bukanlah anak sultan alias orang kaya yang bergelimang harta dan bergaya hidup mewah. Ia mengawali bisnisnya dari berdagang sesuatu yang kecil-kecilan atau ala kadarnya hanya demi menyambung hidup. Ia bekerja keras dari pagi hingga sore, bahkan ada yang perlu berkorban bekerja sampai larut malam supaya mendapatkan keuntungan yang lebih meski badan telah lelah.

2. Kerja Cerdas

Selain bekerja keras yang menguras tenaga fisik, Anda juga perlu bekerja cerdas. Artinya, Anda perlu menggunakan otak Anda untuk berpikir bagaimana caranya supaya bisa sukses dalam berbisnis. Sebagai contoh, Anda adalah seorang pengusaha mie. Supaya Anda tidak terlalu kelelahan dan bisa memproduksi mie dalam jumlah yang banyak, maka Anda perlu mesin menggunakan mesin mie atau mempekerjakan beberapa orang karyawan. Kerja cerdas ini juga perlu Anda pertimbangkan ketika ingin berbisnis di bidang yang lain.

3. Kerja Ikhlas

Kerja keras dan kerja cerdas saja ternyata belum cukup untuk menggapai kesuksesan. Ternyata, Anda tetap perlu menggunakan sisi kekuatan pada diri Anda yang lain, yaitu kerja ikhlas. Bekerja dengan ikhlas berarti Anda melibatkan hati, jiwa, atau perasaan Anda. Kerja ikhlas penting menjadi salah satu prinsip pengusaha yang sukses sebab Anda tahu sendiri bahwa bekerja dengan keras belum tentu mendapatkan hasil yang memuaskan dan berhasil dengan cepat.

Dalam Islam, dikenal istilah dengan istilah tawakal. Artinya, ketika Anda sudah bekerja keras, maka hasilnya Tuhanlah yang menentukan. Ya, Anda memang dituntut untuk perlu bersabar. Mungkin kali ini Anda belum berhasil dan kemungkinan di lain waktu Anda pasti menemukan kesuksesan.

4. Pantang Menyerah

Prinsip lainnya yang perlu ditanamkan dalam diri Anda adalah sikap pantang menyerah. Kata mereka yang sudah berhasil menjadi pengusaha sukses, kegagalan adalah suatu hal yang wajar dalam berbisnis. Prinsip yang perlu Anda pegang adalah jangan menyerah atau pantang berputus asa. Apabila Anda gagal dalam salah satu bisnis, maka Anda bisa coba bisnis lainnya. Di samping itu, cobalah Anda praktekkan beberapa cara dalam menjual produk Anda kepada para konsumen. Dengan begitu, mereka akan tertarik bahkan berlangganan dengan produk asli ciptaan Anda.

5. Berani Mengambil Resiko

Sebenarnya, pengusaha adalah orang yang hebat. Ya, ia berani mengambil resiko untuk merasakan lelah, menguras pikiran, dan terjun ke lapangan langsung untuk merasakan manis dan pahitnya dalam berbisnis atau berdagang. Di samping itu, ia berani mengambil resiko untuk mengalami kerugian. Ia tahu bahwa ketika awal berbisnis, belum tentu disukai oleh konsumen atau belum pasti untung. Jika demikian yang terjadi, maka ia pun perlu untuk mencoba trik bisnis lainnya dengan mempertaruhkan sebagian modalnya.

6. Pintar Melihat Peluang Sukses

Pengusaha yang cerdas akan selalu melihat setiap kejadian di sekitarnya sebagai suatu peluang sukses bisnis yang akan mengantarkannya pada kesuksesan. Contohnya, ketika di wilayah Anda kesusahan untuk belajar online, maka Anda memiliki ide untuk bisnis kuota internet. Di sisi lain, saat di daerah Anda banyak ditumbuhi tanaman singkong, maka Anda memiliki peluang untuk berbisnis keripik singkong aneka rasa, seperti pedas, gurih, ataupun manis.

Demikianlah beberapa kiat untuk menjadi pengusaha sukses. Ayo, kembangkan bisnis Anda sesuai dengan keahlian yang Anda kuasai. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Posting Komentar untuk "Ilmu Penting! Inilah 6 Kiat Menjadi Pengusaha Sukses "