Resep Kue Lapis Super Mudah. Bergizi dan Tanpa Pengawet - Jogjalagi.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Resep Kue Lapis Super Mudah. Bergizi dan Tanpa Pengawet

Apakah Anda bingung menyajikan kudapan tradisional untuk acara penting keluarga atau di kantor? Untuk hal ini, Anda bisa memilih kudapan kue lapis yang nikmat. Lantas, seperti apa sih kue lapis itu dan bagaimana resep kue lapis itu? Pasti Anda ingin tahu bukan? Yuk, intip resep praktis untuk membuat kue lapis berikut ini.

Rasa Kue Lapis

Kue lapis merupakan kue tradisional khas Indonesia dan merupakan kuliner nusantara warisan nenek moyang. Kue tradisional ini dinamakan kue lapis karena bentuknya yang berlapis-lapis dan biasanya diberi dua atau lebih warna yang berbeda-beda sehingga cantik bila dipandang. Kue lapis rasanya manis karena diberi pemanis dari gula pasir, namun ada pula yang suka dengan pemanis dari gula jawa. Sementara itu, campuran santan yang ada dalam kue membuat rasanya makin gurih sehingga banyak orang yang ketagihan untuk menyantap kue ini.

Macam Kue Lapis

Kue lapis lazimnya ditemukan di wilayah pulau Jawa. Meskipun demikian, banyak juga orang yang tinggal di luar daerah pulau Jawa maupun luar negeri sengaja menyiapkan kudapan kue lapis ini sebagai bentuk rasa kangen terhadap hidangan kudapan khas tanah air ini. Di samping itu, mereka juga ingin memperkenalkan menu kudapan nusantara kepada orang asing yang tinggal di luar negeri.

Dahulu, kita mengenal kue lapis yang sederhana dan hanya terdiri atas dua macam warna. Namun, kini banyak orang yang suka berkreasi untuk membuat kudapan kue lapis sehingga kue ini menjadi banyak macamnya, di antaranya yaitu:
  1. Kue Lapis Original, dengan bahan dan cara pembuatan yang tidak terlalu ribet. Kue lapis ini masih mempertahankan bentuk dan bahan-bahan yang tradisional sesuai cara lama.
  2. Kue Lapis Pelangi, yaitu kue lapis dengan warna yang beragam menyerupai pelangi.
  3. Kue Lapis Gula Jawa, yaitu kue lapis yang menggunakan gula jawa atau gula merah untuk menambahkan rasa manis pada adonan kue lapis.
  4. Kue Lapis Ubi Ungu, yaitu kue lapis yang menggunakan ubi ungu sebagai bahan campuran dalam pembuatan adonan kue lapis tersebut.
  5. Kue Lapis Legit, yang biasanya berwarna kuning dan cokelat berlapis-lapis dengan rasa yang manis legit dan gurih.

Resep Kue Lapis

Resep membuat kue lapis sebenarnya cukup simpel. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan makanan dan mengikuti beberapa petunjuk pembuatan, seperti berikut:

Bahan:

  • 75 gram tepung tapioka
  • 125 gram tepung beras
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • 200 ml santal yang kental
  • Daun pandan
  • Vanili secukupnya
  • Pewarna makanan sesuai selera (minimal dua warna)

Cara membuat:

  1. Didihkan santan terlebih dahulu sambil sering diaduk, kemudian campurkan garam dan daun pandan.
  2. Campurkan semua bahan menjadi satu adonan dan aduk-aduk hingga merata.
  3. Bagi adonan menjadi dua bagian dengan dibubuhi pewarna makanan yang berbeda.
  4. Siapkan panci untuk mengukus. Taruh adonan di dalam loyang khusus dan diolesi dengan minyak goreng secukupnya supaya tidak lengket.
  5. Kukus adonan kue lapis yang pertama. Setelah agak keras, tuangkan adonan kue lapis kedua. Tunggulah sampai matang sekitar 30 menit. Jika sudah matang, angkat kue lapis, lalu tiriskan.

Dihidangkan untuk Acara Istimewa

Kue lapis biasanya dihidangkan untuk acara-acara penting, seperti pernikahan, pertunangan, sunatan, akikah, dan lain sebagainya. Di samping itu, beberapa acara penting di kantor pemerintahan maupun perusahaan ada yang sengaja menyiapkan kudapan tradisional seperti kue lapis dan lainnya untuk menyambut para tamu undangan maupun pejabat dari luar daerah.

Mudah bukan membuat kue lapis? Yuk, praktek langsung belajar membuat resep kue lapis. Selain bergizi dan murah, kue ini juga tidak mengandung pengawet sehingga aman untuk camilan anak-anak di rumah.

Posting Komentar untuk "Resep Kue Lapis Super Mudah. Bergizi dan Tanpa Pengawet"