Institut Fundraising Indonesia: Mitra Terpercaya Kaderisasi SDM Bidang Fundraising - Jogjalagi.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Institut Fundraising Indonesia: Mitra Terpercaya Kaderisasi SDM Bidang Fundraising


Apakah Anda memiliki kegiatan dalam melakukan kegiatan amal, tetapi masih kekurangan dana? Atau sebaliknya, yaitu Anda mempunyai banyak dana, namun tidak tahu cara mengelolanya dengan benar sebagai lembaga yang bergerak di bidang Fundraising. Untuk hal ini, Anda tak perlu khawatir. Percayakan saja urusan kaderisasi SDM yang akan memberikan pembekalan dalam hal pengumpulan maupun pengelolaan dana bersama lembaga konsultan di Institut Fundraising Indonesia (IFI).

Apa itu fundraising?

Institut Fundraising Indonesia: Mitra Terpercaya untuk Pengumpulan dan Pengelolaan Dana Hibah

Fundraising pada dasarnya adalah suatu rangkaian aktivitas untuk mengumpulkan dana atau hibah yang asalnya dari pihak masyarakat umum, baik itu berasal dari perorangan, kelompok, lembaga, instansi pemerintahan, maupun perusahaan tertentu. Dahulu, kegiatan fundraising agak sulit untuk dilakukan karena mesti berkomunikasi dengan masyarakat atau pihak yang memberikan dana secara langsung. Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya teknologi seperti sekarang ini, kegiatan fundraising lebih mudah dilakukan. Terbukti kini telah muncul beberapa website maupun platform fundraising legal yang bisa menjamin keamanan dana dari pihak yang memberikan donasi.

Profil IFI

IFI merupakan lembaga konsultan fundraising. Sebagai konsultan, IFI juga menjadi pihak yang melakukan aktivitas dalam kaderisasi SDM yang dapat menunjang lembaga di bidang pengumpulan dana dari masyarakat umum. Fundraiser ini bentuknya semacam organisasi atau lembaga yang fokus bekerja dalam retail fundraising. Lembaga ini pusatnya berada di Depok, Jawa Barat. Banyak lembaga besar yang telah bekerja sama dalam menjalin relasi bersama IFI.

Mitra yang Bekerja Sama dengan IFI

Beberapa pihak seperti lembaga masyarakat juga mempercayakan pembekalan SDM pendidikan seputar pengumpulan dan pengelolaan dana dengan IFI, di antaranya yaitu:
  • LAZIS NU
  • LAZIS Muhammadiyah
  • BAMUIS BNI
  • BAZNAS BAZIS DKI
  • Sahabat Yatim
  • Pesantren Madinatul Quran
  • Yayasan Alghuraba, dan lembaga masyarakat lainnya.
  • Servis Menarik dari IFI
IFI berusaha memberikan servis atau pelayanan yang maksimal dan memuaskan kepada para mitra IFI. Adapun beberapa servis menarik kepada calon mitra, antara lain:

1. Consulting

IFI berusaha menjadi konsultan terbaik bagi para mitra atau pengelola donatur dari berbagai kalangan. Sebagai konsultan, ada beberapa prinsip yang dipegang oleh tim dari IFI, di antaranya:
  • Professionalism, yaitu tim IFI berusaha memberikan penganganan seputar proses penggalangan dana secara profesional bagi para lembaga agar lebih kredible dan profesional. Oleh karena terdiri tim IFI terdiri atas orang-orang yang ahli di bidang fundraising.
  • Trustworthiness, yaitu berusaha menerapkan transparansi maupun akuntabilitas kepada mitra atau masyarakat yang terlibat dalam fundraising supaya mereka lebih percaya.
  • Fairness, yaitu berusaha untuk menjadi lembaga yang amanah dalam artian melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan menjunjung tinggi kejujuran.

2. Publishing

Bagi mitra IFI yang ingin menjadi penulis atau menerbitkan bukunya, maka IFI juga menyediakan jasa penerbitan buku yang bertemakan, fundraising, organisasi sosial, dan kemanusiaan. Beberapa buku yang sudah diterbitkan oleh IFI di antaranya adalah 50 Tahun BAMUIS BNI, Fundraising Sekolah dan Lembaga Pendidikan, Strategi Fundraising Korporasi, dan lain-lain.

3. Training

Pihak IFI juga menyelenggarakan layanan training atau pelatihan kepada para mitra. Pelatihan ini terdiri atas beberapa macam, antara lain:
  • Integrated Digital Fundraising
  • Media Partnership Management
  • Retail Management
  • Event Management
  • Counter Management
  • Service & Donor Engagement
  • Corporate Strategic Management
  • CSR Management
  • Fundraising Mastery Training
  • Team Leadership Fundraising Training

4. Workshop

IFI juga menyelenggarakan workshop yang berkaitan dengan ilmu fundraising. Para mitra atau peserta yang hadir dalam workshop ini juga diberikan pelatihan tentang bagaimana cara mengelolanya fundraising hingga berhasil. Workshop biasanya diadakan setiap bulan dan beberapa di antaranya adalah workshop dengan tema Meraih 100 M dari Digital Fundraising, Strategi Fundraising Ramadhan Lompatan Inovasi di Era Pandemi, Fundraising untuk Bantuan Bencana, dan berbagai workshop menarik lainnya.

Kegiatan workshop dari IFI penyelenggaraannya menyesuaikan dengan keadaan saat ini. Sebelum pandemi Covid-19, acara workshop biasanya dilakukan di suatu tempat khusus supaya bisa bertatap muka langsung dengan para peserta workshop. Akan tetapi, pada masa pandemi seperti sekarang ini, beberapa workshop diselenggarakan secara online class. Hal ini mengingat bahwa meskipun para peserta lebih banyak tinggal di rumah, namun mereka masih bisa mengikuti dan mempelajari ilmu seputar fundraising.

5. Fundraising Leadership Program

Fundraising Leadership Program (FLP) merupakan suatu program yang diselenggarakan oleh IFI berupa pemberian beasiswa pendidikan sekaligus penempatan kerja bagi beberapa orang calon leader muda yang cara kerjanya berbentuk ikatan dinas. Mereka akan menempuh pendidikan selama kurun waktu tertentu supaya ke depan akan dipekerjakan di beberapa lembaga zakat/NGO Kemanusian di tanah air.

Tertarik untuk mengikuti program pendidikan fundraising di Institut Fundraising Indonesia? Silahkan kunjungi laman website resminya di fundraising indonesia.org.

Posting Komentar untuk "Institut Fundraising Indonesia: Mitra Terpercaya Kaderisasi SDM Bidang Fundraising"