5 Tantangan yang Bikin Gagal Perencanaan Keuangan - Jogjalagi.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Tantangan yang Bikin Gagal Perencanaan Keuangan

5 Tantangan yang Bikin Gagal Perencanaan Keuangan
Memiliki kehidupan finansial yang stabil merupakan dambaan setiap orang. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa mendapatkannya dengan mudah. Kondisi finansial stabil dan mapan bukan berarti memiliki uang banyak untuk bisa memenuhi semua keinginan, melainkan menjalankan perencanaan keuangan secara tepat yang bisa dilakukan dengan menggunakan online banking. Perencanaan keuangan bukan hal mudah dilakukan, tapi juga bukan suatu yang mustahil. Dibutuhkan komitmen dan persistensi untuk bisa sukses menghadapi tantangan yang bikin gagal perencanaan keuangan.

Layanan online banking adalah layanan transaksi perbankan dengan menggunakan teknologi serta didukung jaringan internet. Di masa sekarang ini, Anda bisa melakukan berbagai macam transaksi keuangan dengan menggunakan media milik bank berupa website atau aplikasi perbankan yang bisa diakses melalui smartphone. Penggunaannya dilakukan dengan tujuan kemudahan bertransaksi kapan saja dan di mana saja tanpa perlu repot datang dan mengantri di bank. Dengan akses internet, Anda bisa melakukan berbagai macam transaksi perbankan lebih cepat, hemat waktu, dan tenaga.

Tantangan yang Bikin Gagal Perencanaan Keuangan

Tantangan yang Bikin Gagal Perencanaan Keuangan
Kehidupan finansial yang stabil dan mapan tidak serta merta didapat dengan mudah. Anda harus melakukan beberapa cara dan menghadapi tantangan yang mungkin akan menggagalkan Anda mencapai tujuan. Perencanaan keuangan yang baik merupakan jalan mewujudkan kehidupan finansial stabil dan mapan. Melalui perencanaan keuangan, Anda bisa terhindar dari masalah keuangan di kemudian hari. Anda juga bisa mengoptimalkan penghasilan yang Anda dapatkan untuk memenuhi kebutuhan harian serta mengatur prioritas keinginan. Supaya Anda bisa melakukan perencanaan dengan mudah dan lancar, hindari berbagai tantangan yang bikin gagal perencanaan keuangan berikut ini.

Kebiasaan Belanja di Luar Anggaran

Tantangan yang paling umum terjadi adalah kebiasaan berbelanja di luar anggaran. Anda membiarkan kondisi “lapar mata” dan senang melakukan belanja secara impulsif. Kebiasaan ini sangat buruk dan menggagalkan perencanaan keuangan yang sudah Anda atur di awal. Untuk bisa menghadapi tantangan ini, kembali pada niat perencanaan keuangan semula. Buat daftar belanjaan dan patuhi daftar tersebut. Gunakan online banking untuk memudahkan Anda dalam melakukan pembayaran terpadu. Niat dan bertekad kuat tidak akan membeli barang di luar anggaran, apalagi barang yang tidak Anda butuhkan saat ini.

Tidak Memiliki Prioritas Kebutuhan

Kebanyakan orang gagal dalam perencanaan keuangan karena tidak memiliki daftar prioritas kebutuhan. Akibatnya, Anda menggunakan uang tanpa rencana sama sekali. Masih ditambah dengan prinsip masa kini yang cenderung menyesatkan, seperti YOLO—You Only Live Once. Sebenarnya, prinsip ini bermaksud agar Anda tidak menyia-nyiakan kesempatan baik yang datang, namun kenyataannya justru disalahartikan dengan menggunakan seluruh penghasilan yang didapat untuk memuaskan keinginan dan tidak memprioritaskan kebutuhan. Jika Anda ingin bersenang-senang dan menikmati penghasilan yang didapat dari kerja keras, wajar saja, tapi jangan lupa bahwa menabung untuk masa depan dan menyisihkan dana darurat juga sangat penting untuk kehidupan Anda nantinya.

Takut Ketinggalan Tren

Penyakit yang banyak diderita orang zaman sekarang adalah takut ketinggalan tren dan dianggap tidak up to date. Penyakit ini lebih dikenal dengan istilah FOMO—Fear of Missing Out. Mengganti smartphone setiap kali keluar tipe terbaru, koleksi tas branded, ikut tren membeli sepeda mahal, dan sebagainya dengan tujuan supaya dianggap keren dan mendapat pujian hingga melakukan berbagai cara termasuk berhutang merupakan gaya hidup yang sangat merugikan Anda. Gencarnya penggunaan media sosial semakin membuat penyakit FOMO menyerang banyak orang. Bijaklah dalam menggunakan uang dan sesuaikan pengeluaran dengan penghasilan yang Anda dapatkan. Jangan hanya gara-gara ingin tampil keren, Anda terjebak utang dan menyambung kebutuhan hidup dengan cara “gali lubang tutup lubang” alias berhutang sana-sini.

Gaya Hidup Tidak Sesuai Penghasilan

Menyambung dari prinsip YOLO dan FOMO di atas, banyak orang terjebak dalam gaya hidup tidak sesuai dengan penghasilan yang dimiliki. Kehidupan finansial stabil dan mapan bukan berarti memiliki penghasilan sangat banyak, melainkan mampu mengelola penghasilan yang ada dan menyesuaikan gaya hidup serta kebutuhan harian. Jika memiliki keinginan yang membutuhkan dana besar, Anda bisa menabung melalui online banking untuk memudahkan mencapai nominal tertentu demi mendapatkan keinginan tersebut. Dengan cara menabung, kebutuhan harian tidak akan terganggu dan perencanaan keuangan Anda berjalan dengan lancar.

Gemar Menunda

Tantangan yang tidak mudah dilakukan adalah melakukan perencanaan keuangan sekarang juga. Jika Anda gemar menunda apapun itu, maka bertekadlah untuk berhenti melakukannya. Kebiasaan gemar menunda hanya akan merugikan diri dan masa depan Anda. Tanpa Anda sadari, masa depan dan kebutuhan besar datang dengan cepat, sementara Anda masih saja menunda melakukan perencanaan keuangan dengan konsisten dan benar. Layanan online banking adalah media yang tepat untuk Anda melakukan perencanaan keuangan dengan mudah. Anda bisa rutin menabung atau berinvestasi tanpa perlu ribet membuang waktu mengantri di bank.

Rencanakan Keuangan Melalui Online Banking

Saat ini, teknologi dan akses internet memudahkan Anda, khususnya dalam melakukan perencanaan keuangan. Online banking merupakan media yang dapat diakses melalui smartphone dengan cara yang praktis dan mudah untuk layanan transaksi perbankan. Salah satunya adalah Aplikasi digibank by DBS yang bisa membantu mensukseskan Anda mewujudkan perencanaan keuangan. Aplikasi digibank by DBS menawarkan banyak keunggulan yang dapat Anda manfaatkan dalam perencanaan keuangan, antara lain:
  • Transaksi lengkap, mudah dan aman
  • Tersedia produk asuransi dan lebih dari 150 produk investasi
  • Tersedia produk pinjaman dan kartu kredit dengan approval 60 detik
Keunggulan yang ditawarkan Aplikasi digibank by DBS di atas bertujuan agar Anda bisa melakukan perencanaan keuangan dengan mudah. Aplikasi tersebut merupakan media tepat untuk mengelola penghasilan Anda untuk kebutuhan besar di masa mendatang.Anda bisa menabung dan berinvestasi tanpa perlu merasa khawatir karena aplikasi ini mendapat dukungan jaminan dan izin resmi dari pemerintah. Segera lakukan perencanaan keuangan sekarang juga dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mendapatkannya di sini.
ipung.net
ipung.net For any business inquiries, endorsement, collaboration, job, etc. Please send your email to: ipung@gmx.com

Posting Komentar untuk "5 Tantangan yang Bikin Gagal Perencanaan Keuangan"