5 Siswa YIS Pamerkan Karya Kreativitas Mandiri Dalam Kegiatan Personal Project Exhibition 2023 - Jogjalagi.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Siswa YIS Pamerkan Karya Kreativitas Mandiri Dalam Kegiatan Personal Project Exhibition 2023

5 Siswa YIS Pamerkan Karya Kreativitas Mandiri Dalam Kegiatan Personal Project Exhibition 2023

Jogjalagi.com - Mandiri dalam berkreativitas menjadi salah satu hal penting yang perlu ditanamkan dalam dunia pendidikan agar siswa mampu bersaing dalam dunia global. Dalam dunia pendidikan, kegiatan kreatif dapat membantu siswa untuk belajar dengan lebih efektif dan memotivasi mereka untuk terus belajar. Untuk menjadi kreatif, seseorang perlu memiliki kemampuan mandiri yang kuat. Kemampuan mandiri akan membantu seseorang untuk berpikir kritis, mengeksplorasi ide-ide baru, dan mengambil keputusan yang tepat.

Guna membantu siswa dalam hal itu semua, mulai dari mengeksplorasi ide gagasan hingga menuangkan ke dalam bentuk karya, Yogyakarta Independent School (YIS) memiliki program bernama “Personal Project”. Program ini merupakan program wajib yang harus diikuti siswa MYP untuk mengeksplorasi minat dan keterampilannya.

Mengusung tema "From Passion to Creation", YIS sebagai sekolah internasional di Yogyakarta berhasil menyelenggarakan program bernama “Personal Project Exhibition 2023” (10/4/23). Personal Project ini merupakan proyek yang menantang dan menarik yang diambil oleh siswa pada tahun terakhir Program Middle Years International Baccalaureate (IB MYP). Ini adalah kesempatan bagi siswa untuk mengeksplorasi hasrat dan minat mereka, sambil mengembangkan keterampilan kunci seperti penelitian, komunikasi, dan pemecahan masalah. Proyek ini sepenuhnya mandiri, yang berarti bahwa siswa diberi otonomi penuh atas pekerjaan mereka dan bertanggung jawab atas pengelolaan waktu, sumber daya, dan kemajuan mereka.

Rincian Kegiatan Personal Project Exhibition 2023

5 Siswa YIS Pamerkan Karya Kreativitas Mandiri Dalam Kegiatan Personal Project Exhibition 2023

Pameran kreatifitas di Personal Project Exhibition 2023 dihadiri oleh para siswa YIS, orang tua, hingga tamu undangan. Kegiatan ini dimulai pukul 10.15 wib sampai dengan pukul 12.15 di YIS HALL. Secara rinci kegiatan Personal Project Exhibition 2023 sebagai berikut.
  • 10:15 s/d 10:30 wib, berupa kegiatan pembukaan
  • 10:30 s/d 11:15 wib, berupa kegiatan kunjungan siswa MYP
  • 11:15 s/d 11:45 wib, berupa kegiatan kunjungan siswa PYP
  • 11:45 s/d 12:15 wib, berupa kegiatan kunjungan siswa DP

Pameran Karya Siswa YIS

Pameran ini merupakan platform bagi siswa sekolah internasional YIS untuk berbagi ide inovatif mereka dan menunjukkan keterampilan serta pengetahuan mereka dalam berbagai bidang. Adapun siswa YIS yang berhasil menyelesaikan tugas personal project pada tahun 2023 ini karya proyeknya adalah:

1. Create the Board Game

5 Siswa YIS Pamerkan Karya Kreativitas Mandiri Dalam Kegiatan Personal Project Exhibition 2023

Create the Board Game merupakan sebuah karya yang dikerjakan oleh Aran Casademont. Papan game ini dirancang dengan memberikan berbagai macam tantangan bagi setiap pemainnya setelah melemparkan dadu permainan. Setiap tantangan yang keluar, pemain harus melaksanakan apa yang diperintahkannya. Tantangan dan bentuk pion dalam papan game ini yang tentunya menjadi pembeda dari papan permainan dengan yang lainnya yang telah dirancang oleh Aran Casademont.

5 Siswa YIS Pamerkan Karya Kreativitas Mandiri Dalam Kegiatan Personal Project Exhibition 2023

2. AWS (Automatic Water Sprinkler)

5 Siswa YIS Pamerkan Karya Kreativitas Mandiri Dalam Kegiatan Personal Project Exhibition 2023

AWS (Automatic Water Sprinkler) atau alat untuk menyiram tanaman secara otomatis ini merupakan karya dari Mohammad Rayhan Nugroho. Proyek sederhana dengan menggunakan bahasa pemrograman robotik ini mampu dikuasai Rayhan untuk membantu permasalahan tanaman yang kekurangan air. Dengan diciptakan alat ini, Rayhan berharap dapat membantu penyiraman tanaman secara otomatis dengan sensor yang telah ditancapkan ke dalam tanah sehingga tanaman diharapkan tidak akan kekurangan air.

3. Food Fusion Pizza Kecombrang


5 Siswa YIS Pamerkan Karya Kreativitas Mandiri Dalam Kegiatan Personal Project Exhibition 2023

Food Fusion Pizza Kecombrang merupakan nama proyek yang dikerjakan oleh Rindu Najwa Naraya. Berbekal dari pengalaman orang tuanya yang hobi memasak, Najwa terinspirasi membuat sebuah proyek kuliner yang memadukan makanan terkenal berupa pizza dengan kearifan lokal yakni berbahan Kecombrang. Perpaduan inilah yang menjadi keunikan Pizza Kecombrang karya Rindu Najwa Naraya yang belum banyak dikembangkan dalam dunia perkulineran. Semoga karya inovatif ini bisa menjadi kuliner terkenal kedepannya.

4. Fluid-Preserved Animal Specimen


5 Siswa YIS Pamerkan Karya Kreativitas Mandiri Dalam Kegiatan Personal Project Exhibition 2023

Dalam proyek ini Syifa membuat spesimen hewan yang bermanfaat sebagai alat pembelajaran struktur dan anatomi. Sebagai langkah awal, Syifa memilih ikan dan udang untuk diawetkan.

5. Hanging Vase Made of Recycled Teak Wood

5 Siswa YIS Pamerkan Karya Kreativitas Mandiri Dalam Kegiatan Personal Project Exhibition 2023

Karya kelima berjudul Hanging Vase Made of Recycled Teak Wood. Karya ini dikerjakan oleh Ziva Zain. Pembuatan karya ini sangat sederhana namun membutuhkan keterampilan dalam pengolahannya. Dengan memanfaatkan kayu bekas, Ziva Zain mampu mengolahnya menjadi kerajinan kayu yang unik dan bermanfaat.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Yeremias Cahyanto (YIS Marketing & Admission Officer) bahwa personal project yang telah dikerjakan dan dipamerkan di YIS Hall dinilai melalui proses moderasi yang melibatkan beberapa guru baik dari dalam sekolah ataupun dari sekolah internasional lain yang ditunjuk secara resmi oleh IB sebagai tim penilai. Moderasi dilakukan untuk mendapatkan nilai berdasarkan standard sekolah internasional.

Tim penilai akan menggunakan kriteria penilaian yang telah ditetapkan sebelumnya, yang meliputi perencanaan yang disusun sesuai dengan kriteria kesuksesan produk, Proses yang meliputi pengembangan keterampilan dalam menciptakan produk, dan Refleksi. Penilaian dilakukan dengan objektif dan transparan, dengan tujuan untuk memberikan umpan balik yang berharga dan memberikan pengakuan kepada siswa atas prestasi mereka dalam menyelesaikan proyek pribadi mereka. Penilaian yang adil dan akurat juga akan membantu siswa untuk mengevaluasi kemajuan mereka dalam proyek dan merencanakan pengembangan selanjutnya di masa depan.

Seputar Yogyakarta Independent School

Yogyakarta Independent School (YIS) merupakan salah satu sekolah internasional yang ada di Yogyakarta sejak Oktober 1989. Perlu diketahui bahwa sebelum tahun 2014, YIS kepanjangan dari Yogyakarta International School.

YIS mengusung kurikulum IB (International Baccalaureate) dan hal ini menjadi satu-satunya sekolah di Yogyakarta dengan kurikulum IB. IB (International Baccalaureate) merupakan sebuah yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dan pusatnya berada di Swiss, tepatnya di Jenewa.

Program pendidikan di YIS terdiri atas program pendidikan untuk usia dini dan SD (IB Primary Years Programme (PYP); SMP (IB Middle Years Programme (MYP); dan SMA (IB Diploma Programme (DP). Untuk informasi lebih lengkapnya bisa cek bawah ini

YOGYAKARTA INDEPENDENT SCHOOL
Jalan Tegal Mlati 1, Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman 55284, DI Yogyakarta
P.O. Box 1175/YKBB Yogyakarta 55281
Telp. +62 274 5305147 | 5305148, Fax. 5305148
WhatsApp: +628112632442
Website: yis-edu.org | Email: info@yis-edu.org

Demikianlah ulasan singkat seputar kegiatan Personal Project Exhibition 2023 di Yogyakarta Independent School Yogyakarta. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Siswa YIS Pamerkan Karya Kreativitas Mandiri Dalam Kegiatan Personal Project Exhibition 2023"