Apa Itu Fundraising Serta Apa Saja Metodenya? - Jogjalagi.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa Itu Fundraising Serta Apa Saja Metodenya?

Apa itu Fundraising? 

Apa itu fundraising? Istilah yang satu ini tentunya sudah sering Anda dengar bukan, pada dasarnya ia merupakan sebuah kegiatan penggalangan dana. Biasanya kegiatan yang satu ini dilakukan oleh perorangan maupun juga sebuah organisasi dengan satu tujuan tertentu, bentuknya sendiri banyak dan tidak selalu penggalangan uang, melainkan juga bisa jasa dan sebagainya. Dimana nantinya hasil yang dikumpulkan tersebut akan diserahkan kepada mereka yang membutuhkan.
Apa Itu Fundraising Serta Apa Saja Metodenya?

Metode Fundraising?

Jogjalagi.com - Lalu apa saja metode yang digunakan untuk penggalangan dana ini? berikut yang harus diketahui, yaitu:
  1. Penggalangan dana lewat acara, kebanyakan program fundraising ini dilakukan lewat sebuah acara, umumnya banyak dilakukan oleh organisasi nirlaba atau nonprofit. Mereka akan mengundang banyak tamu ke acara tersebut, tentunya dengan tujuan untuk menggalang dana, uang yang terkumpul akan diserahkan kepada lembaga yang bersangkutan.
  2. Penggalangan dana secara konvensional, diantaranya seperti dengan membawa kardus dan menggalang dana di sepanjang jalan atau lampu merah, kegiatan semacam ini nyatanya juga cukup umum dilakukan, apalagi ketika ada bencana alam yang terjadi.
  3. Menggunakan kotak amal, dikenal juga sebagai charity box, ini biasanya banyak digunakan pada kegiatan keagamaan, kotak amal ini akan ditaruh di rumah makan atau bahkan pada acara-acara tertentu untuk mendapatkan sumbangan.
  4. Lewat kampanye media sosial, kebanyakan diantara kegiatan fundraising Indonesia saat ini memang dilakukan berbasis kampanye yang disebarkan di berbagai media sosial, apalagi penerimaan dananya sendiri juga dapat ditransfer online sehingga nantinya akan lebih mempermudah masyarakat juga yang ingin menyumbang uang.
  5. Penggalangan dana lewat situs web, biasanya untuk lembaga-lembaga besar yang sudah punya nama, mereka telah memiliki website sendiri untuk mempermudah kegiatan penggalangan dana tersebut, sebut saja diantaranya adalah dari Wahana Visi Indonesia.
Wahana Visi Indonesia ini sendiri pada dasarnya adalah sebuah lembaga kemanusiaan yang bergerak di bidang penggalangan dana serta menyalurkannya kepada orang-orang yang membutuhkan. Jika berbicara mengenai program yang mereka miliki juga sangat banyak, termasuk diantaranya adalah donasi dan juga program sponsorship.
ipung.net
ipung.net For any business inquiries, endorsement, collaboration, job, etc. Please send your email to: ipung@gmx.com

Posting Komentar untuk "Apa Itu Fundraising Serta Apa Saja Metodenya?"