Desa wisata Glagah Yogyakarta - Jogjalagi.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Desa wisata Glagah Yogyakarta

Desa wisata Nglinggo Kulonprogo

Jogjalagi.com - Wisata di Jogja bukan hanya mengunjungi obyek wisata di Jogja saja, namun untuk pilihan lain anda juga dapat berkunjung ke beberapa desa wisata di sekitar Kota Jogja. Ada banyak desa wisata di Jogja, namun untuk mempermudah berikut desa wisata yang dapat kami rekomendasikan saat ke Jogja ke dalam 10 desa wisata yang memiliki keunikan tersendiri.


1. Desa wisata Tanjung

Hawa sejuk pedesaan terasa sasangat menenangkan ketika memasuki DeWi atau Desa Wisata ini. Banyak atraksi yang di suguhkan,  antaranya yaitu,  jathilan, karawitan, bahkan membuat batik juga ada. Desa Tanjung Lokasinya di Tanjung, Donoharjo, Ngaglik, Sleman berjarak sekitar 5 km dari Monumen Yogya Kembali dan hanya 30 menit dari kota Yogyakarta..

Selain itu ada atraksi yang baru yaitu Ciciblung. Ciciblung adalah permainan nada yang dihasilkan dari permainan di sungai dengan cara menepuk aliran air di sungai. Permainan ini akan sangat menarik bagi anak-anak dan sehingga bisa membantu anak-anak untuk belajar melestarikan permainan tradisional.

2. Desa wisata Pentingsari

Desa wisata yang merupaka laboratorium desa wisata di Asia tenggara ini terletak di Cangkringan. Tepatnya di Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman . Desa wisata ini menyajikan suasana pedesaan yang tenang dengan penginapan tradisonal yang dibangun dari kayu yang semakin menambah kesan menyatu dengan alam.

Obyek wisata lain di sekitar Desa Wisata Pentingsari adalah Pancuran  Suci Sendangsari,Luweng, Rumah Joglo, Batu Dakon. Bahkan di Desa Wisata Pentingsari ini ada jalur tracking. Desa Wisata Pentingsari memiliki kondisi alam yang diapait oleh Dua Sungai (Sungai Pawon dan Sungai Kuning ). Kondisi alam ini sangat cocok untuk traking remaja, anak-anak,dewasa dan orang tua. Petualangan tracking dengan jalur susur sungai bersih, melewati hamparan sawah yang hijau, medan lokasi yang naik turun tebing yang lengkap dengan keindahan terowongan sangat unik, ditambah dengan jalur yang melewati rindangnya berbagai jenis tanaman kehutanan.

3. Desa wisata Rumah Domes

Desa wisata rumah domes menyuguhkan pemandangan yang unik, yaitu suatu perumahan yang berisi rumah-rumah Dome. Rumah Dome merupakan tempat tinggal yang berbentuk bulat seperti kubah.  Di loksasi kawasan rumah domes terdapat 80 unit, terdiri atas 71 unit rumah hunian warga setempat, 6 MCK fasilitas umum, dan 3 fasilitas umum lainnya berupa musala, aula, dan poliklinik.

Tiket masuk ke Desa wisata rumah dome hanya mengenakan tariff Rp. 1.500 setiap pengunjung. Desa wisata yang seperti rumah teletabies ini menawarkan  atraksi yang cukup menarik seperti  situs kajinan yang dipercaya sebagai tempat berkumpulnya roh roh raja di tanah jawa, belik wunut yaitu sungai air jernih dengan dua mata air yang memiliki rasa berbeda, dataran tinggi dayakan yang merupakan titik tertinggi untuk melihat pemandangan matahari terbenam di Gunung Merapi di utara dan laut di selatan serta tak lupa dome’s view yang akan membuat anda serasa tinggal di dunia teletubbies.

4. Desa wisata Karang Tengah Imogoro

Desa Wisata Karang Tengah yang terkenal dengan area hutan jambu mete yang sangat luas ini terletak di Karangtengah, Imogiri, Bantul. Dewa wisata ini juga terkenal dengan pembudidayaan sutra liar dan tanaman indighovera yang merupakan bahan pokok untuk pewarna batik. Desa Wisata Karangtengah berada diketinggian 250 meter diatas permukaan laut, dari tempat ini pengunjung dapat menikmati pemandangan perbukitan yang indah.
Atraksi yang ada di dewi ini antaranya Gamelan (Karawitan), Gejog lesung, Jathilan, Seni bergodo keprajuritan, Laras Madyo, Sanggar Seni Laskito Mas.

5. Desa wisata Nglinggo Kulonprogo

Desa wisata yang terletak di Dusun Nglinggo, Samigaluh, Kulonprogo mempunyai pemandangan yang sangat indah dengan hamparan kebun teh nan hijau. Di puncak Nglinggo anda dapat menikmati pemadangan alam dari atas seperti hamparan karpet hijau kebun teh serta pemandangan hutan pinus yang menjulang tinggi.
Desa wisata ini menyuguhkan atraksi yang tak kalah menarik dengan Dewi-dewi yang lain, seperti jathilan , karawitan , wayang kulit dan angguk menjadi sesuatu yang menarik untuk ditonton dan dipelajari maknanya. Disediakan bagi anda home stay bagi anda yang ingin bertempat tinggal sementara disini bersama keluarga, selain itu makanan khas desa nglinggo akan menjadi menu utama santa pagi,

6. Desa wisata Glagah 

Desa wisata Glagah yang terletak berdekatan dengan Pantai Glagah sehingga anda yang berkunjung dapat sekaligus menikmati semilir angin pantai. Agrowisata buah naga di desa wisata glagah akan memanjakan lidah para pengunjung. Festival layang layang dan motorcross menjadi event tahunan desa wisata Glagah ini, ada juga pertunjukkan gamelan dan karawitan yang menjadi daya tarik wisatawan. Makanan khas yang ditawarkan di daerah ini adalah buah naga, peyek kacang, peyek jingking, geblek tempe.

7. Desa wisata Manding Parangtritis

Desa wisata manding berlokasi di jalan Parangtritis km 11 ini terkenal sebagai sentra penghasil tas kulit. Harga tas kulit yang dijual bervariasi mulai dari harga Rp.70.000 hingga Rp.1000.000. Yang paling menarik adalah masih dapat menawar barang-barang yang di jual di sana. Sayangnya, di area desa wisata ini masih jarang ditemui tempat makan. Wisatawan yang haus dan lapar selepas berbelanja mungkin harus mencari restoran atau tempat makan di lokasi lain.

8. Desa wisata Candran Mandingan

Kondisi alam yang masih asri, desa wisata candran ini memiliki daya tarik yang sangat menawan untuk di kunjungi. Desa wisata yang mempunyai kampung tani internasional ini terletak di dusun Mandingan, Kelurahan Kebonagung.

Di Desa Wisata Candran Mandingan memiliki museum tani Jawa Indonesia yang didirikan sejak tahun 2006. Segala atraksi wisata yang disajikan seperti meniti sawah memang sudah menjadi keseharian warga setempat. Sehingga semuanya terkesan sangat natural. Tidak lupa disini anda juga dapat belajar membatik, jika beruntung saat berkunjung terdapat event tahunan yang diadakan di tempat ini adalah festival orang orangan sawah yang biasanya berlangsung bulan September.

9. Desa wisata Kembang Arum Turi

Desa Wisata Kembangarum beralamat lengkap di Donokerto, Turi, Sleman. Lokasinya terletak di kawasan Lintas Merapi. Desa Kembangarum ini memiliki aksebiliitas yang dapat ditempuh sekitar 45 menit dari kota Jogja dengan kendaraan bermotor. Setelah melewati jalan berliku-liku, sebuah papan nama kecil menyambut sebelum memasuki desa Kembangarum, terdapat gang kecil yang anda lewati masuk ke dalam lokasi desa wisata rindang oleh daun pohon salak pondoh semakin menambah sejuk dan nyaman suasana.

Keunikan Desa Kembang arum memiliki pagar batu yang secara rapi ditata. Hal ini akan membuat desa ini tampak menyatu dengan alam, natural dan sederhana sekaligus terlihat kokoh. Di sepanjang gang, terdaapat beragam jenis tanaman hias. Adanya perpaduan ini tampak jelas membedakan desa Kembangarum dari desa biasa. Suasananya tenang, dengan perumahan tradisional dan udara yang segar.

Desa wisata Kembangarum ini dapat disebut dengan Desa wisata Pendidikan karena para pengunjung yang datang di sini tidak saja menikmati suasana dan keramahtamahan penduduk di sekitarnya tetapi yang membedakan adalah anda akan mendapat banyak pelajaran dan pengetahuan dari kunjungan wisata ini, tidak sekedar datang dan pergi begitu saja, ada nuansa edukasi yang akan anda peroleh di desa wisata ini.

10. Desa wisata Tembi 

Nama Desa Wisata Tembi berasal dari adaptasi dari nama sebuah lembaga kebudayaan Rumah Budaya Tembi. Di desa ini kita bisa menginap di cottage maupun rumah-rumah warga. Dengan membayar Rp 50-100 ribu per orang, kita sudah bisa menginap semalam dan juga diberi sarapan pagi.



Di Rumah Tempi tersedia berbagai macam ruang koleksi yang dapat dikunjungi wisatawan, yakni, ada galeri batik, sebuah cottage cantik, sebuah restoran yang unik dan sebuah galeri lukisan. Di Rumah ini pula, wisatawan dapat melihat pembuatan aneka kerajinan khas Yogyakarta, seperti keranjang anyaman dan aneka dompet.
Koleksi lainnyang dimiliki di Museum Rumah Budaya Tembi, diantaranya peralatan tradisional masyarakat Jawa, keris, tombak, peralatan bertani, peralatan seni membatik, gamelan dan lain sebagainya.

Yuk segera rencanakan liburan kamu ke Jogjalagi.com buat liburan kamu ke Yogyakarta menjadi lebih menyenangtkan dengan pilihan banyak desa wisata yang mengasyikan, yuk
ipung.net
ipung.net For any business inquiries, endorsement, collaboration, job, etc. Please send your email to: ipung@gmx.com

Posting Komentar untuk "Desa wisata Glagah Yogyakarta"